Rabu, 18 November 2015

Inilah Asal Usul Lagu Lingsir Wengi yang Misterius

Lagu Lingsir Wengi adalah lagu yang berasal dari Jawa Tengah. Penggunaan lagu ini seringkali dikaitkan dengan pemanggilan roh halus.

Hal ini diperkuat oleh adanya sugesti bahwa menyanyikan lagu ini bisa didatangi hantu. Seperti yang terjadi dalam film Kuntilanak yang dibintangi oleh Julie Estelle.

Padahal sebenarnya, lagu ini adalah untuk menolak balak makhluk halus, bukan mengundangnya. Lagu ini diciptakan oleh Sunan Kalijaga. Beliau lahir sekitar tahun 1450 Masehi. Sunan Kalijaga menggunakan lagu ini sebagai media dakwahnya.

Di dalam lirik lagu ini, terkandung doa-doa untuk menolak bala. Juga doa kepada Tuhan semoga dijauhkan dari mara bahaya. Dan otomatis, lagu ini bukanlah lagu untuk memanggil kuntilanak. Itu adalah anggapan yang salah.
menimang bayi / pregnancyandbaby.com
Bahkan, pada zaman dahulu lagu ini digunakan oleh ibu-ibu untuk menidurkan buah hatinya. Ada juga yang menjadikan lagu ini sebagai wirid setelah sholat malam karena liriknya yang mengandung doa.

Itulah asal usul lagu Lingsir Wengi. Jadi, jangan salah persepsi tentang lagu ini ya. Sekarang jadi berani dengerin lagu lingsir wengi kan?
Inilah Asal Usul Lagu Lingsir Wengi yang Misterius Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top