Sabtu, 21 November 2015

Inilah Alasan Dokter Memakai Baju Berawarna Hijau ketika Mengoperasi Pasien

Dokter selalu memakai jas warna putih ketika bertugas, ini melambangkan bahwa dokter harus senantiasa bersih karena bersih melambangkan warna suci. Begitu pula yang lain, seperti perawat dan bagian lain di rumah sakit yang juga memakai pakaian berwarna putih.

Tapi kenapa para dokter mengenakan pakaian berwarna hijau atau biru ketika melakukan operasi? Begitu juga para perawat dan asisten dokter lainnya yang juga terlibat dalam operasi itu, mereka juga memakai baju hijau. Jika ada keluarga yang mendampingi operasi, mereka pun diharuskan memakai baju hijau atau biru.
Operasi dokter / djmedical.org
Hal itu karena melihat warna hijau atau biru dapat menyegarkan penglihatan dokter. Karena selama operasi, dokter melihat warna dominan merah, yaitu darah dan organ tubuh pasien. Jika dokter melihat warna lain yang juga merah atau merah muda, maka penglihatan dokter terganggu dan menyulitkannya melihat organ tubuh dan jaringan tubuh pasien ketika operasi.

Alasan lain adalah karena ketika dokter melihat warna merah terus menerus pada organ tubuh pasien, warna merah itu akan menyebabkan ilusi optik berwarna hijau di permukaan warna putih. Karena warna putih memiliki semua spektrum warna, termasuk merah dan hijau. 

Tentu saja ketika melihat warna merah terus menerus akan mengganggu penglihatan dokter, maka dari itu mereka menggunakan baju berwarna hijau atau biru.

Penentuan warna ini bukan tanpa alasan, alasannya yaitu agar tidak mengganggu penglihatan dokter juga menyelamatkan pasien agar tidak salah operasi.

Jadi tahu kan kenapa dokter memakai baju hijau atau biru ketika operasi?
Inilah Alasan Dokter Memakai Baju Berawarna Hijau ketika Mengoperasi Pasien Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top