Jumat, 20 November 2015

Heboh! Sol Sepatu dan Ban Bekas jadi Bahan Minuman Dingin

Minuman yang awalnya terkenal di Taiwan, tapi kini telah mendunia hingga sampai di Indonesia, itulah minuman bubble tea atau pearl tea. Siapa yang menolak kesegaran dari minuman tersebut.

Rasa teh susu yang unik dan campuran bubble atau mutiara tapioka menambah kelezatan minuman ini. Bubble ini seharusnya dibuat dari akar singkong agar memiliki tekstur yang kenyal. Tapi ternyata, penelitian yang dilakukan di China baru-baru ini sangat mengejutkan.

ilustrasi bubble tea / 123rf.com
Menurut penelitian di China ini, bubble yang kenyal dan biasa kita makan itu terbuat dari ban bekas dan sol sepatu. Seorang pembeli bubble tea melakukan CT scan dengan hasil yang sangat mengejutkan, yaitu ada titik kecil putih di perutnya, di Kota Tsingtao, China, 19 Oktober lalu.

Reporter yang mengungkap kasus ini penasaran dan ia membeli bubble tea di tempat dimana orang yang melakukan CT scan itu membeli. Hasilnya, di perut sang reporter juga ditemukan titik putih.

Menurut dokter kepala di East Tsingtao Clinic, tapioka merupakan makanan bertepung yang bisa dicerna dengan normal di perut, bukan mengendap dan meninggalkan titik putih seperti yang terjadi di CT scan.

Kemudian, dilakukan penelusuran di penjual-penjual bubble tea. Ketika ditanya, jawaban penjual berbeda-beda. Ada yang menjawabnya dari kentang, pati, bahkan ada yang menjawab tidak tahu. Kemudian, seorang penjual menjawab bahwa bubble ini dibuat di pabrik secara kimia.

Ia mengaku bahwa bubble nya dibuat secara aneh dengan bahan sol sepatu dan ban bekas! Tentu saja ini berbahaya, karena sol sepatu dan ban bekas bukan bahan makanan dan aslinya tekstur mereka keras dan tentunya perut tak akan bisa mencernanya.

Kasus ini baru ditemukan di China, semoga tidak ditemukan kasus serupa di Indonesia.

Jika ingin berbisnis, lakukanlah bisnis itu dengan jujur. Dan jadilah konsumen yang jeli dalam mengkonsumsi barang atau jasa yang kamu gunakan.
Heboh! Sol Sepatu dan Ban Bekas jadi Bahan Minuman Dingin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top