Selasa, 10 November 2015

Aneh! Kota ini Muncul kembali setelah 25 Tahun Menghilang!

Pernah mendengar kota yang hilang di dalam cerita? Tentu saja pernah ya. Hal ini membuat sebagian orang percaya bahwa benar-benar ada kota yang hilang dan sebagian orang lainnya menganggap bahwa itu hanya cerita, tidak ada di dalam kehidupan nyata.

Tapi pernahkah kamu mendengar ada kota yang hilang, kemudian muncul kembali? Well, ini bukan cerita, tapi kenyataan yang ada. Bahkan, menghilang hingga puluhan tahun!
Villa Epecuen, yang dibandingkan sekarang dengan masa jayanya dulu / dailymail.co.uk
Inilah Villa Epecuen, sebuah desa wisata yang sangat tersohor di tahun 1920-an. Di Villa Epecuen, terdapat Lago Epecuen, yaitu danau garam sepanjang 600 km barat daya Buenos Aires, Argentina.

Lago Epecuen merupakan danau yang unik, karena danau ini mengandung banyak garam. Kadar garamnya terbanyak kedua di dunia setelah Laut Mati, dan memiliki kadar garam yang lebih tinggi 10 kali lipat dari lautan manapun.

Danau ini juga memiliki khasiat bagi manusia, yaitu dengan mandi tau berendam di danau ini dapat mengobati penyakit kulit, anemia, rematik, depresi, bahkan diabetes. Karena itulah, banyak sekali orang yang datang berkunjung ke Villa Epecuen.

Pada akhir abad ke 19, orang-orang membangun tenda di tepi danau. Hal ini membuat banyak orang berdatangan di kota ini. Hingga pada tahun 1960-an, sekitar 25.000 orang datang ke Villa Epecuen. Tak hanya tenda itu, karena banyaknya pengunjung dibuka pula banyak resort dan usaha di sini.

Penduduk Epecuen mencapai puncaknya pada tahun 1970-an, dengan lebih dari 5.000 penduduk dan 300 jenis usaha berkembang di sana. Usaha tersebut diantaranya hotel, hostel, spa, toko-toko, juga museum.

Namun cuaca mulai berubah, dan hijan jauh lebih banyak turun dari biasanya. Lago Epecuen pun mulai membengkak. Pada tanggal 10 November 1985, volume besar air menerobos bendungan dan membanjiri kota. Bahkan, pada tahun 1993, banjir secara perlahan menenggelamkan kota hingga 10 meter.

Villa Epecuen yang dulu begitu tenar dan banyak pengunjung kini telah hilang akibat terjangan air. Tapi, banjir mulai surut. Dan pada tahun 2009 Villa Epecuen mulai muncul kembali menyisakan bangunan-bangunan yang dulu menjadi tempat favorit bagi turis.

Tak ada orang yang kembali ke Villa Epecuen, kecuali seorang kakek tua berusia 81 tahun, Pablo Novak. Walaupun ia tinggal di kota itu sendirian, tapi ia merasa senang. Ia dapat mengenang kota Villa Epecuen pada masa jayanya.

"Saya baik-baik saja di sini, meskipun saya hanya sendirian. Saya membaca koran,dan saya selalu mengenang kota ini pada masa keemasannya di tahun 1960-an dan 70-an," kenang Pablo.

Kini Villa Epecuen menjadi kota tak berpenghuni yang menyisakan bekas bangunan pada masa jayanya. Berani berkunjung ke sana readers?
Aneh! Kota ini Muncul kembali setelah 25 Tahun Menghilang! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top