Sabtu, 03 Oktober 2015

Orang Jepang Rela Mati Demi Bekerja Keras

Jepang terkenal dengan orang-orangnya yang bekerja keras. Mereka berangkat di pagi hari dan pulang ketika malam tiba, begitu seterusnya selama hari kerja.

Pasti kamu juga berpikir bahwa gaji yang didapatkan juga banyak dan pekerjaan menjadi mudah karena segalanya menggunakan teknologi canggih. Tapi kamu akan berpikir ulang mengenai bekerja di Jepang setelah mendengar kisah salaryman ini atau biasa disebut karoshi (death from overwork).
Salaryman / blogs.wsj.com
Salaryman adalah sebutan bagi pekerja Jepang yang memperoleh pendapatan hanya dari gaji. Gaji yang ia dapatpun tak seberapa, tapi ia harus bekerja keras dan rela mati demi pekerjaannya. Tidak ada kenaikan jabatan bahkan tanpa uang lembur sekalipun.

Mereka bekerja dari pagi hingga malam hari, kemudian pulang ke rumah sudah larut malam dan paginya harus berangkat bekerja lagi. Itu jika jam kerja normal dan tidak ada hal lain.

Jika lembur, bisa saja salaryman pulang ke rumah dini hari. Atau malah mungkin tidak pulang dan lanjut bekerja pagi harinya. Itupun tidak ada tambahan uang lembur. Para bos seakan tidak peduli dan tak acuh dengan kerja keras mereka.

Salah satu kisah salaryman yang meninggal adalah Kenichi Uchino. Pemuda berusia 30 tahun itu pingsan dan meninggal saat bekerja. Hal ini dikarenakan ia bekerja selama 80 jam sebulan dan tanpa uang lembur.

Hal ini juga pernah dituliskan oleh seorang salaryman di Jepang melalui website miliknya, Takashi. Ia bangun pukul setengah enam setiap hari. Satu jam kemudian ia berangkat ke kantor dengan kereta. Perjalanan selama 1,5 jam dan pukul 8 ia baru sampai di tempat kerja.

Ia pulang pukul 9 malam, itupun setelahnya ia pergi untuk pesta minum-minum. Hal ini dilakukan karena ajakan teman atau tuntutan atasan. Setelah itu ia pulang dan sampai di rumah pukul setengah dua dini hari. Ketika pagi, ia mengulang kembali apa yang menjadi rutinitasnya.

Bagaimana menurutmu? Lebih berat mana dengan bekerja di Indonesia?
Orang Jepang Rela Mati Demi Bekerja Keras Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top