Minggu, 04 Oktober 2015

Bahaya! Jangan Nyalakan AC Langsung ketika Naik Mobil

Di Indonesia dengan cuaca super panas ini tak salah jika kamu suka pergi di siang hari dengan mobil ber AC. Dengan naik mobil, kamu akan tetap dingin walaupun cuaca di luar sedang terik-teriknya. Mau macet juga santai aja kalau di dalam mobil ber AC.

Memang tak ada masalahnya kamu suka naik mobil ber AC, tapi masalahnya adalah ketika kamu pertama naik mobil dan langsung menyalakan AC.
Buka kaca jendela mobil sebelum menyalakan AC / thegarage.jalopnik.com
Misalnya kamu sedang belanja, sedangkan mobilmu sedang menunggu di parkiran. Jika parkirannya outdoor, otomatis mobilmu akan terkena terik matahari dan di dalam mobil menjadi sangat panas. Ketika kamu masuk, kamu akan berasa di dalam oven dan buru-buru menyalakan AC.

Eits...... jangan lakukan itu. Udara yang ada di dalam mobil yang terkena panas memang sangat panas dan pengap. Ketika kamu menyalakan AC maka udara panas tersebut akan bercampur dengan udara dari dalam AC. Udara itulah yang berbahaya, karena dapat menyebabkan kanker.

Menurut sebuah penelitian, radiasi sinar matahari yang mengenai material di dalam mobil seperti material pada jok mobil, pengharum mobil, dan bahan plastik di mobil akan menyebabkan timbulnya zat baru yang salah satunya adalah Benzena, yaitu zat yang menyebabkan kanker (karsinogen).

Tak hanya kanker, terlalu banyak dan sering menghirup Benzena juga dapat menyebabkan menurunnya sel darah putih, anemia, meracuni tulang tubuh, leukimia, dan bahkan menghirup zat ini sangat berbahaya bagi orang hamil, karena dapat menyebabkan keguguran.

Tingkat Benzena yang dapat ditolerir oleh tubuh manusia adalah 50 mg/ft2. Jika mobil diparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup tingkat benzena sekitar 400-800 mg. Namun, ketika diparkir dibawah terik matahari dengan suhu 15 derajat celcius atau lebih tingkat benzena naik menjadi 2000-4000 mg!

Jadi, ketika kamu naik mobil jangan ragu untuk membuka kaca mobilmu selama beberapa menit untuk mengeluarkan udara-udara beracun tersebut baru kemudian menutupnya dan menyalakan AC. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi zat benzena dalam mobil tersebut.

Bagikan informasi penting ini kepada orang-orang terdekatmu agar semakin banyak orang yang tau akan bahaya dari menyalakan AC langsung saat naik mobil.
Bahaya! Jangan Nyalakan AC Langsung ketika Naik Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top