Rabu, 09 September 2015

Wow! Perjalanan Singkat Nikotin dari Paru-Paru ke Otak hanya 7 Detik!

Sudah bukan rahasia umum jika merokok itu dapat membawa penyakit. Siapapun orangnya kalau dia merokok pasti akan mudah terkena penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan paru-paru. Bahkan, perokok pasif pun juga dapat terkena dampak buruk dari rokok tersebut.

Tapi tahukah kamu lama perjalanan nikotin dari paru-paru ke otak itu hanya tujuh detik?
Zat yang ada di dalam rokok / epuffer.com
Perjalanan nikotin untuk sampai ke otak memang sangat cepat. Setelah sampai di otak, nikotin akan merangsang pelepasan dopamin, yaitu suatu neurotransmitter penting yang terlibat dalam suasana hati, selera makan dan fungsi otak lainnya.

Hal inilah yang menyebabkan seseorang akan merasa kenyang setelah merokok walaupun tidak makan. Ada juga orang yang merasa lega dan tenang setelah merokok. Baca : Ini cara menghentikan kebiasaan merokok lewat media sosial

Ketika seseorang merokok, maka nikotin akan menumpuk di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan penumpukan nikotin yang semakin lama semakin banyak. Ini juga yang membuat seseorang memerlukan tambahan zat nikotin setiap waktu.

Nikotin memang memiliki efek candu. Siapa saja yang merokok walaupun hanya mencoba sedikit, nantipun pasti akan ketagihan dan menjadi ketergantungan. Jika pecandu rokok tiba-tiba menghentikan konsumsi rokoknya secara tiba-tiba, maka ia akan dapat mudah cemas dan mood yang cepat berubah. Baca : Meski bukan perokok, suara wanita ini hilang karena rokok

Memang nikotin terkadang dibutuhkan dalam pengobatan, tapi dengan dosis yang sesuai dan tidak menyebabkan ketergantungan. Merokok dapat menyebabkan ketergantungan tidak hanya karena nikotin, tapi juga ratusan zat lain yang ada di dalam rokok ketika dibakar.

Walaupun lebih banyak efek negatif daripada positifnya, namun baru sedikit orang yang sadar akan bahaya nikotin.
Wow! Perjalanan Singkat Nikotin dari Paru-Paru ke Otak hanya 7 Detik! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top