Minggu, 27 September 2015

Subhanallah! Rasulullah Melihat Surga dan Neraka tanpa Penghalang

Kita pasti sudah tahu peribahasa yang mengatakan, "Malu bertanya sesat dijalan." Peribahasa itu mengajarkan kepada kita bahwa jika kita malu bertanya, maka kita akan susah sendiri karena tidak tahu kebenarannya.

Namun, ada kalanya pertanyaan itu sebaiknya tidak ditanyakan. Pertanyaan bisa menjadi berlebihan dan malah menimbulkan hal buruk bagi penanya jika ia mengetahui jawabannya. Seperti dalam kisah Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya berikut ini.
Ilustrasi / dmy-official.blogspot.com
Pada suatu hari, Nabi Muhammad ditanyai sebuah pertanyaan yang berlebihan oleh sahabatnya. Lalu dalam riwayat Anas bin Malik, Nabi Muhammad naik ke atas mimbar dan berkata, "tidaklah kalian bertanya kepadaku hari ini tentang suatu persoalan (apa pun), melainkan aku menjelaskannya."

Diberikan pertanyaan balik dari Nabi Muhammad, para sahabat pun langsung terdiam. Untuk menatap wajah Nabi Muhammad pun mereka takut. Bahkan ada sahabat yang menyembunyikan wajah dibalik jubahnya.

Kemudian, seorang hadirin dengan berani berdiri di hadapan Rasulullah seraya bertanya, "Ya Rasulullah, siapakah Ayahku?."

Kemudian Rasulullah SAW menjawab, "Ayahmu adalah Hudzaifah."

Tak lama setelah Rasulullah menjawab pertanyaan tersebut, Umar bin Khaththab beranjak dan kemudian berkata, "Kami ridha, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai utusan Allah, dan aku berlindung kepada Allah Ta'ala dari keburukan fitnah."

Kemudian Rasulullah berkata, "Aku belum pernah menyaksikan kebaikan dan keburukan seperti hari ini. Surga dan neraka diperlihatkan kepadaku sampai aku dapat melihat keduanya tanpa dinding penghalang."

Dalam Firman Allah SWT surah Al Maidah ayat 5, yang berbunyi : "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu, niscaya menyusahkanmu."
Itulah kisah pada zaman Nabi Muhammad dengan Bani Israil yang mengajarkan kita bahwa janganlah kita bertanya secara berlebihan. Terlalu banyak bertanya dapat membuat penanyanya tergelincir dari jalan kebenaran.
Subhanallah! Rasulullah Melihat Surga dan Neraka tanpa Penghalang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top