Rabu, 09 September 2015

Stop! Jangan Tidur dengan Musik atau TV Menyala

Tidur merupakan kebutuhan bagi setiap manusia. Mulai dari bayi hingga tua pasti membutuhkan tidur. Tidur yang baik dapat mengembalikan kepulihan tubuh akibat lelah juga bisa membuat badan seseorang lebih sehat dan bugar.

Salah satu cara tidur yang baik adalah dengan mematikan lampu. Tidur dalam kondisi gelap akan membantu mendapatkan hormon melatonin secara maksimal. Hormon melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal dalam otak.
tidur sambil denger musik / sleep-centre.ca
Terbentuknya hormon melatonin ini dipicu oleh keadaan gelap ketika tidur. Tingkat produksi hormon melatonin paling tinggi yaitu pada pukul 02.00-04.00 dan paling rendah adalah sore hari. Semakin bertambahnya usia juga mempengaruhi hormon melatonin karena semakin sedikit diproduksi.

Biasanya hormon melatonin mula menurun produksinya ketika seseorang menginjak usia 40 tahun. Karena hal inilah waktu tidur orang dewasa semakin lama semakin sedikit. Menurunnya hormon melatonin juga menyebabkan orang sulit tidur. Baca : Wow! Bayi ini tidur dengan 2 ular kobra

Manfaat lain dari hormon melatonin adalah sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air, meningkatkan imun tubuh, menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan.

Kebiasaan buruk lainnya adalah membiarkan TV menyala ketika tidur, mendengarkan musik, dan membiarkan lampu menyala langsung diatas tempat kita tidur. Hal ini sangat tidak baik. Memang ada beberapa yang menganggap bahwa dengan mendengarkan musik atau menonton TV hingga tertidur membantu mereka untuk cepat tidur.

Tapi faktanya, hal tersebut malah membuat seseorang menjadi lebih tegang ketika bangun tidur dan merasa tidak tidur semalaman. Baca : Ini akibat jikat kurang tidur malam

Sebenarnya, pada saat kita tidur otak kita tidak tidur. Otak tetap bekerja, namun kerja otak ketika kita tidur tidak sebanyak dan sekeras ketika kita bangun. Dengan tidur, kita juga dapat membantu otak untuk lebih santai karena pekerjaan otak lebih ringan.

Tapi ketika kita tidur namun TV masih menyala, mendengarkan musik, atau dengan lampu menyala, hal ini akan memaksa otak untuk terus bekerja keras. Karena indera pendengaran dan penglihatan kita tetap mampu menangkap suara dan cahaya dari TV dan lampu tersebut.

Ini menjadikan otak tetap bekerja keras dan membuat otak lelah. Memang secara fisik kita tidur, tapi sebenarnya dalam tubuh kita tetap bekerja terutama otak.

Sebaiknya, hindarilah melakukan hal tersebut ketika tidur. Jika sudah menjadi kebiasaan mulailah mencoba untuk menguranginya.
Stop! Jangan Tidur dengan Musik atau TV Menyala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top