Rabu, 09 September 2015

Mau Otak Cemerlang? Ikuti Tips ini!

Otak adalah pusat dari tubuh, karena setiap gerakan yang ada di tubuh kita diatur oleh otak. Dengan otak juga kita dapat berpikir dan melakukan segala sesuatu dengan akal sehat.

Otak yang sehat adalah otak yang dapat menerima perintah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh dengan baik. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan otak diperlukan makanan yang bergizi dan latihan pada otak.

Inilah tips agar otak kita dapat cemerlang :
  1. Memberikan Makanan yang Baik untuk Otak

    Minyak Omega-3 / epilepsyu.com
    Lemak adalah salah satu yang paling penting bagi otak. Bahkan setengah bagian otak terdiri dari lemak. Lemak yang baik untuk otak adalah asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan kognitif otak dan lemak dari minyak zaitun atau minyak canola.

    Selain lemak, konsumsi sayur-sayuran hijau juga baik untuk otak. Pada studi tahun 2009 yang dipublikasikan oleh jurnal Archives of Neurology mengatakan bahwa bayam dan sayuran hijau lain yang mengandung folat bisa menangkal demensia (kepikunan) dan kondisi penurunan kognitif lainnya.

    Tak hanya itu, sayuran hijau pun baik untuk menangkal penyakit Alzheimer. Makanan dan minuman lain yang baik ada blueberry, blackberry, jus anggur ungu, apel, kayu manis. Baca : 5 Makanan Filipina ini akan membuatmu muntah sebelum mencicipinya
  2. Melenturkan Otak

    Bermain sudoku dapat melenturkan otak / shutterstock.com
    Otak juga perlu dilenturkan. Dilenturkan bukan berarti ditekan-tekan agar lentur. Tapi lakukan aktifitas yang dapat menunjang otak. Seperti kata Dr. Gayatri Devi, seorang ahli syaraf, yang menyarankan agar masyarakat melakukan aktifitas beragam untuk menunjang otak. Baca : Meski tengah menjalani operasi otak, orang-orang ini tetap sadar dan tetap beraktifitas

    Hal yang dapat dilakukan untuk melenturkan otak adalah dengan bermain sudoku, mengerjakan soal matematika, bermain musik klasik, mengerjakan TTS, menari, juga bersosialisasi dengan orang lain akan membuat kinerja otak semakin baik.
  3. Melakukan Olahraga

    Senam Aerobik / maxvibrant.com
    Dengan olahraga, fungsi kognitif otak kita akan lebih optimal. Lakukanlah senam aerobik 3-5 kali dalam seminggu. Dengan latihan rutin dapat meningkatkan asupan oksigen ke otak, memelihara sel-sel otak dan menumbuhkan sel syaraf yang baru. Baca : Cara mudah menurunkan berat badan tanpa olahraga
Itulah tips agar otak kamu dapat cemerlang dan dapat berfikir dengan baik. Selamat mencoba!
Mau Otak Cemerlang? Ikuti Tips ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top