Kamis, 24 September 2015

Mark Zuckerberg, Si Kaya yang Peduli Sesama

Siapa tak kenal Mark Zuckerberg? Pemuda drop out yang berhasil menciptakan situs jejaring sosial terbesar di dunia saat ini, yaitu Facebook. Tanpa Mark, kita tak mungkin dapat menikmati Facebook.

Setelah membuat Facebook, Mark dinobatkan menjadi jajaran orang muda terkaya di dunia. Dengan kekayaannya itu, seharusnya ia dapat membeli segala sesuatu yang mewah, seperti rumah, mobil, bahkan pulau. Tapi ia tak melakukannya, malah ia hidup secara sederhana dan sangat peduli terhadap sesama.
Mark Zuckerberg / newsroom.fb.com
Inilah sikap sederhana Mark Zuckerberg dan kepeduliannya terhadap sesama :
  1. Senang Beramal dan Terlibat Kegiatan Sosial

    Pada tahun 2013, Mark masuk dalam jajaran orang kaya yang dermawan versi Chronicle of Philantropy, dan ia menduduki peringkat pertama dengan sumbangan sebesar USD 992 juta. Hal ini tak lepas dari pengaruh istrinya, Pricilla Chan, yang mudah tersentuh hatinya ketika melihat penderitaan orang lain.
  2. Ruang Kerja Menjadi Satu dengan Karyawan

    Menjadi orang nomor satu di Facebook seharusnya dapat membuat Mark memiliki tempat kerja yang bagus sesuai keinginannya. Tapi, ia malah memilih kerja satu meja dengan para karyawannya agar lebih dekat dengan mereka. Tak heran ia dinobatkan menjadi bos terbaik urutan keempat.
  3. Gaya Berpakaian yang Sederhana

    Seringkali Mark terlihat memakai kaos oblong, celana jeans, dan sepatu kets. Tak hanya ketika bersantai, saat kerja dan pada suatu pertemuan pun ia memakai gaya berpakaian seperti itu. Alasannya adalah agar ia tidak banyak membuang waktu untuk memilih pakaian.
  4. Jalan-jalan ke Yogyakarta tanpa Awak Media

    Mark pernah mengunjungi Yogyakarta untuk peluncuran internet.org. Ia mengunjungi candi Borobudur dan sempat makan di rumah makan milik Butet Kartaradjasa. Tak banyak media yang tau hingga kamera CCTV yang melihatnya.
  5. Harga Mobilnya tak lebih dari Rp 300 juta

    Pemuda kaya ini ternyata tidak terlalu senang menghabiskan uangnya untuk membeli mobil mewah. Mobilnya hanya Honda Fit seharga kurang dari Rp 300 juta dan Honda Acura TSX dan Volkswagen Golf GTI yang harganya tak mencapai 1 Milyar.
  6. Menemani Istri Belanja dan Pergi ke Kantor Sendiri

    Tak hanya peduli sesama, Mark juga orang yang mandiri. Ia lebih suka menemani istrinya sendiri berbelanja dan pergi ke kantor daripada menyewa jasa sopir.
Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari Mark Zuckerberg, orang kaya yang sederhana dan peduli sesama.
Mark Zuckerberg, Si Kaya yang Peduli Sesama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top