Rabu, 16 September 2015

Keutamaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Idul Adha sebentar lagi. Semua orang di seluruh dunia pasti akan merayakannya. Di Mekah pun jamaah haji asal Indonesia melakukan sedekah dengan menyembelih hewan qurban disana.

Sebenarnya bukan hanya waktu Idul Adha saja yang istimewa di bulan Dzulhijjah. Hari-hari sebelumnya pun adalah hari istimewa, bahkan memiliki keutamaan di 10 hari pertama.

Jutaan jamaah haji sedang wukuf di Arafah / daftarhajiumroh.com
Inilah keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah :
  1. Waktu yang paling Agung dan Dicintai Allah SWT

    10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah waktu yang paling agung dan dicintai oleh Allah SWT. Hendaknya perbanyak berzikir dan beribadah sunnah di waktu-waktu ini. Seperti sabda Rasulullah SAW :

    "Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan lebih disukaiNya untuk digunakan sebagai tempat beramal sebagaimana 10 hari ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah). Karenanya, perbanyaklah pada hari-hari itu bacaan tahlil, takbir, dan tahmid." (HR. Ahmad)
  2. Waktu yang Mulia dan Barakah

    10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah waktu yang mulia dan barakah. Hal ini terbukti dengan firman Allah SWT dalam Al Qur'an surat AL-Fajr ayat 1-2 yang artinya :
    "Demi fajar, dan malam yang sepuluh".Berdasarkan surat ini, yang dimaksud dengan malam yang sepuluh adalah hari-hari sepuluh pertama bulan Dzulhijjah, ini menurut Imam Ath Thabari dan sudah mendapat kesepakatan oleh hujjah dan ahli tafsir.
  3. Terdapat Hari Arafah di dalamnya

    Hari Arafah adalah hari ketika umat muslim yang menjalankan ibadah haji melakukan wukuf, hal ini wajib dilakukan bagi yang menjalankan ibadah haji. Sedangkan yang tidak, disunnahkan untuk puasa Arafah, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah.

    Puasa Arafah ini sangat besar manfaatnya, yaitu dapat menghapus dosa kita selama dua tahun. Satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Sabda Nabi SAW :
    Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, "Puasa itu menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun berikutnya." (HR. Muslim) 
  4. Haji dilakukan saat itu

    10 hari pertama bulan Dzulhijjah menjadi semakin istimewa karena ibadah haji dilakukan pada waktu itu. Bahkan sebagian besar kegiatan ibadah haji dilakukan pada tanggal 8, 9, dan 10 Dzulhijjah. Baca : Warga Inggris heboh dengan adanya suara adzan di masjid yang tersegel
  5. Berkumpulnya Induk-induk Ibadah

    Dalam 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini menjadi semakin istimewa karena dalam bulan ini, banyak sekali ibadah wajib dan sunnah yang dilakukan. Seperti ibadah haji, puasa Arafah, Qurban, dzikir, shalawat, dan ibadah lainnya. Baca : 3 amalan ringan penghapus dosa ini seringkali diabaikan
Itulah keutamaan dari 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Semoga dengan ini kita dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT.
Keutamaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top