Jumat, 28 Agustus 2015

Kejahatan Dokter Di Masa Lalu Yang Mengerikan

Dunia medis memang sudah berkembang dari jaman dahulu. Tiap dokter berlomba-lomba untuk menciptakan penemuan medis. Mulai dari obat untuk menyembuhkan penyakit tertentu, hingga penanaman suatu organ tubuh yang tidak wajar.

Dokter memang berjasa untuk menyembuhkan pasien. Tapi, ada beberapa kejadian yang mengerikan tentang kejahatan dokter hingga menewaskan pasien-pasiennya. Baca : Meski dada tertancap pisau, orang ini masih bisa berbicara

Inilah kejahatan dokter yang paling parah sepanjang jaman :
  1. Studi Eksperimen Tuskegee

    Studi yang berlangsung selama 40 tahun ini meneliti penyakit Sifilis yang ada di Amerika Serikat. Sebanyak 399 laki-laki kulit hitam di Alabama dijadikan sasaran penelitian, termasuk 201 diantaranya adalah laki-laki yang sehat.
     
    Eksperimen sifilis Tuskegee / en.wikipedia.org
    Ilmuwan mengungkapkan kepada partisipan bahwa dirinya dirawat karena memiliki "Bad Blood". Para partisipan pun tidak diperlakukan dengan layak hingga penisilin dijadikan obat untuk mengobati penyakit Sifilis.
  2. Studi Sifilis di Guatemala

    Studi sifilis kembali dilakukan antara tahun 1946-1948 di Amerika Serikat dan Guatemala. Kedua negara ini melakukan penelitian penyakit sifilis dengan sengaja menginfeksikan penyakit sifilis pada tahanan dan pasien rumah sakit jiwa.
     
    Infeksi sifilis di Guatemala / pubrecord.org
    Meski mereka benar-benar terinfeksi dan telah diberi penisilin, tapi tidak ada perawatan lanjut terhadap pasien-pasien korban penelitian ini. Baca : Inilah 5 kejadian masa lalu yang sulit dipercaya hingga kini
  3. Percobaan Bedah pada Budak

    J Marion Sims, tokoh ginekologi modern, menuai ketenaran setelah melakukan percobaan bedah pada seorang budak perempuan. Ia melakukan pembedahan tanpa memberi anestesi, karena jaman dahulu beberapa anestesi belum ditemukan.
     
    Percobaan bedah oleh J Marion Sims / habibacooperdiallo.com
    Namun, menurut Journal of Medical Ethics tahun 1993, melakukan pembedahan tanpa anestesi sangat tidak bisa diterima.
  4. Pembunuhan Burke dan Hare

    Sampai pada tahun 1930-an, kasus pembunuhan mulai jarang sehingga ahli anatomi mulai resah karena tidak mendapat tubuh untuk percobaan. Akhirnya mereka menggunakan tubuh perampok untuk melakukan berbagai percobaan.

    William Burke dan Hare / onlyinedinburgh.com
    Hingga akhirnya, sepasang teman yaitu William Burke dan William Hare membuka usaha penginapan dan menjual tubuh manusia. Sampai akhirnya mereka berdua dihukum gantung.
  5. The Monster Study

    The Monster Study / atomica.com
    Pada tahun 1939 peneliti melakukan uji coba terhadap anak-anak gagap. Anak-anak gagap yang yatim ini berbicara gagap karena merasa gelisah dan cemas saat akan berbicara. Jadi, mereka tidak boleh berbicara kecuali bisa berbicara dengan benar. Karena inilah, banyak anak pada masa itu yang diam.
  6. Japan's Unit 731

    Antara tahun 1930-1940an, tentara kekaisaran Jepang melakukan eksperimen medis terhadap penduduk sipil. Mereka menginfeksi sumur penduduk dengan penyakit tipus, kolera, juga kutu.
     
    Japan's Unit 731 / knowledgenuts.com
    Para tahanan disuruh berbaris dalam cuaca dingin dan mencoba obat apa yang cocok untuk penyakit mereka. Tak diketahui secara pasti berapa jumlah korban, namun diperkirakan ada sekitar 200.000 korban.
  7. Percobaan Medis Nazi

    Percobaan Nazi ini adalah yang paling kejam sepanjang masa. Percobaan ini dilakukan oleh Josef Mengele, seorang dokter SS di Auschwitz. Ia mengumpulkan mata dari para korbannya untuk menguji penyakit menular dan perang kimia.
     
    Percobaan pembekuan oleh Nazi / ushmm.org
    Sementara lainnya ditempatkan di ruang yang membeku untuk menguji ketahanan penerbangan. Tak hanya itu, ia juga mengikat payudara perempuan untuk menguji berapa lama seorang bayi dapat bertahan. Karena kelaparan, sang bayi disuntik morfin mematikan untuk menghentikan penderitaannya.
Itulah kekejaman dokter dengan melakukan percobaan pada orang-orang tak bersalah. Sekarang kita tidak perlu khawatir karena sebagian besar penyakit ada obatnya dan sudah ada peraturan kedokteran agar tidak ada tindak penyelewengan.
Kejahatan Dokter Di Masa Lalu Yang Mengerikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top