Kamis, 06 Agustus 2015

Sejarah Sepatu Bata, dari Zaman Penjajahan Hingga Sekarang

Kita pasti sudah tidak asing dengan sepatu dengan merk Bata. Di tahun 90 an, sepatu ini sangat populer di kalangan anak muda dan sekolah. Rasanya kurang keren jika tidak memakai sepatu Bata.

Jika kita mengira bahwa Bata adalah perusahaan sepatu asli Indonesia, maka kita salah besar. Nama Bata juga bukan diambil dari Kalibata. Bata atau T&A Bata Shoe Company pertama kali terdaftar di kota Zlin, Cekoslowakia, oleh dua bersaudara Anna dan AntonĂ­n Bata pada tahun 1894.
Toko sepatu Bata / buzzintown.com
Nama Bata sendiri bukan diambil dari Kalibata, tetapi dari Ayah Anna dan Antonin, yaitu Thomas Bata. Di Indonesia, Bata berdisi sejak tahun 1939 dengan pabrik yang beroperasi di Kalibata, Jakarta Selatan dan di kota Medan, Sumatera Utara.

Kedua pabrik tersebut telah memproduksi sebanyak tujuh juta pasang sepatu setiap tahunnya dengan 400 model sepatu dan sandal yang berbeda.

Pada tahun 1978, status Bata di Indonesia yang merupakan perusahaan asing mendapat tentangan dari berbagai pihak. Sejak peristiwa inilah Bata mendapatkan izin dan statusnya diubah menjadi perusahaan penanaman modal dalam negeri.

Perusahaan Bata sendiri telah berdiri di 50 negara di seluruh dunia dengan produksinya sebanyak lebih dari 14 miliar pasang sepatu dan sandal. Baca : 5 barang sepele ini harganya sangat mahal di luar negeri

Hebat ya perusahaannya tetap eksis hingga sekarang.
Sejarah Sepatu Bata, dari Zaman Penjajahan Hingga Sekarang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top