Jumat, 28 Agustus 2015

Masya Allah! Silaturahim dapat Menyehatkan Jantung

Silaturahim hukumnya wajib bagi setiap orang. Dengan bersilaturahim, kita dapat mengakrabkan hubungan kita dengan kerabat. Dengan silaturahim juga dapat mempererat tali persaudaraan diantara umat muslim.

Silaturahim pun dapat menenangkan hati dan jiwa. Hati yang sehat membawa jasmani yang sehat pula, terutama jantung. Karena jantung dapat memberikan tekanan emosi yang bermacam-macam pada setiap orang.
silaturahim / gambar via dakwatuna.com
Hal ini dibuktikan oleh seorang dokter bernama Myriam Horsten. Ia adalah dokter spesialis jantung. Sering ia merasa sedih karena setiap tahun harus melihat pasiennya kehilangan nyawa karena serangan jantung.

Menurut pengalamannya selama menjadi dokter, pasiennya yang menderita penyakit jantung adalah orang yang hidupnya datar-datar saja tanpa masalah. Sebagian besar pasiennya adalah orang yang senang menyendiri, hidup bahagia tanpa ada masalah menghadapi.

Melihat hal tersebut, Myriam merasa heran. Kemudian ia melakukan penelitian dengan beberapa koleganya dari Karolinska Institute, Stockholm, Swedia. Ia merekam detak jantung 300 orang wanita selama 24 jam secara terus menerus.

Hasilnya sangat mengejutkan, dari penelitiannya itu diketahui bahwa orang yang sehat adalah mereka yang memiliki detak jantung yang variatif. Artinya, detak jantung mereka berbeda-beda sesuai dengan keadaan emosinya.

Hal ini jelas sekali bahwa orang yang melakukan hubungan sosial dengan orang lain atau bersilaturahim dengan orang lain akan memiliki jantung yang sehat. Karena setiap berinteraksi, seseorang akan merasakan senang, tertawa, sedih, geram, takut, optimis, gelisah, dan rasa lainnya.

Hal inilah yang memicu jantung agar aktif dan bekerja lebih keras. Ini juga disebut dengan senam jantung.

"Jantung dalam kondisi seperti ini adalah jantung yang berolahraga. Jantung ini menjadi terlatih dan kuat. Jantung ini adalah jantung yang sangat sehat," kata Myriam Horsten.

"Sebaliknya, jantung orang yang hidupnya datar-datar saja, tenteram dan jarang berinteraksi dengan orang lain memiliki detak jantung yang tidak bevariasi, sehingga jantung menjadi lemah dan rentan terhadap serangan," lanjutnya.

Oleh karena itu, perbanyaklah bersilaturahim dengan orang lain. Jangan takut untuk merasa sedih, kecewa, gelisah, atau hal buruk lainnya karena dibalik itu semua kamu akan menemukan kebahagiaan.
Masya Allah! Silaturahim dapat Menyehatkan Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top