Minggu, 09 Agustus 2015

Ketika Kagum, Sebaiknya Ucap Subhanallah atau Masya Allah ?

Dalam Islam, segala peristiwa kita diperintahkan untuk mengucapkan kalimat-kalimat yang baik. Dalam keadaan suka maupun duka, selalu mengucapkan kalimat-kalimat yang baik, atau bisa juga disebut kalimat thayyibah.

Hal ini agar membuat orang-orang mukmin lebih dekat dengan Allah SWT. Agar mereka juga selalu mengingat Allah SWT.
kagum / ericagnew.com
Terkadang kita dibingungkan dengan ucapan Subhanallah dan Masya Allah ketika kita takjub akan suatu hal. Berdasarkan Firman Allah SWT dalam surat Al Kahfi ayat 39, hendaknya mengucapkan Masya Allah.

“Mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “maa syaa-allaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).” (QS. al Kahfi: 39)

Ucapan Masya Allah menandakan kita kagum terhadap ciptaan Allah SWT. Seperti misalnya kita melihat terbenamnya matahari ketika di pantai, kita mengucapkan Masya Allah karena kita kagum atas ciptaan Allah, indahnya matahari sore, tenangnya ombak di pantai, eloknya burung-burung yang terbang pulang ke peraduannya.

Sedangkan kalimat Subhanallah dalam Al Qur'an diucapkan sebanyak lima kali, yaitu dalam surat Al Mu’minun ayat 91, Al Qashash ayat 68, Ash Shafat ayat 159, Ath Thur ayat 43 dan Al Hasyr ayat 23.

Dalam Al Qur’an, kalimat “Subhanallah” digunakan untuk menyatakan kesucian Allah dan menyangkal hal-hal negatif yang dituduhkan orang-orang musyrik. Baca : Inilah 7 perkara yang lebih berdosa daripada dosa

Ucapan Subhanallah digunakan ketika kita heran terhadap sesuatu, bukan kagum. Atau ketika ada peristiwa besar. Sabda Nabi Muhammad SAW :

“Maha Suci Allah, betapa banyak fitnah yang turun di malam ini” (HR. Al Bukhari).

Begitu sering kita mengucapkan kalimat-kalimat indah ini. Bukan tidak boleh mengucapkannya, namun sebaiknya cari tahu artinya dulu agar penggunaannya tidak salah.
Ketika Kagum, Sebaiknya Ucap Subhanallah atau Masya Allah ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top