Sabtu, 29 Agustus 2015

Hati-hati Menggunakan Tisu Basah, bisa memicu Bahaya!

Tisu basah memang sangat digemari, tak hanya kalangan wanita tapi pria pun kerap memakainya juga untuk membersihkan muka. Juga seringkali dipakai untuk bayi dalam membersihkan berbagai kotoran. Selain murah, tisu basah juga dinilai praktis saat digunakan dan baunya yang wangi.

Tak hanya itu, tisu basah dinilai dapat membersihkan berbagai kuman karena mengandung berbagai zat kimia yang dapat membunuh beragam kuman dan bakteri. Tapi, hal ini justru berbahaya bagi kesehatan.
Membersihkan tangan dengan tisu basah / buzzcateringsupplies.com
Penelitian baru-baru ini menemukan adanya bahaya kesehatan yang ditimbulkan dari penggunaan tisu basah. Tisu basah dapat menyebabkan menyebarnya berbagai bakteri, termasuk MRSA.

Dalam penelitian laboratorium oleh Cardiff University's School of Pharmacy and Pharmaceutical Science, meneliti tujuh macam tisu basah untuk menghilangkan bakteri MRSA. Mereka menemukan bahwa pemakaian tisu basah untuk menghilangkan bakteri dalam 10 detik kurang optimal.

Memang banyak yang percaya bahwa tisu basah sangat baik untuk menghilangkan kotoran di tubuh kita, tapi hal itu tidak terbukti. Malah tisu basah hanya akan memindahkan bakteri dari satu tempat ke tempat yang lain.

Juga tisu basah mengandung zat kimia yang berbeda dalam membunuh mikroba. Zat kimia itu akan membunuh bakteri dengan cara memecah struktur protein di sel kuman. Dalam tisu basah juga terdapat kandungan pemutih yang dapat membuat sel-sel kulit menjadi mati.

Selain itu, kandungan sabun dalam tisu basah juga dapat membuat mikroba memecah menjadi lebih banyak.

Nah, jika tidak dalam keadaan terpaksa dan terdapat air, sebaiknya cuci tangan dengan air dan sabun. Jangan terlalu sering menggunakan tisu basah.
Hati-hati Menggunakan Tisu Basah, bisa memicu Bahaya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top