Sabtu, 01 Agustus 2015

Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh paling penting yang kita miliki. Dengan telinga yang sehat, kita akan mudah untuk mendengar segala sesuatu. Alunan musik, suara hewan di malam hari, dapat dinikmati dengan telinga sehat.

Memang sudah menjadi kewajiban kita untuk membersihkan telinga secara rutin. Seringkali kita membersihkan telinga dengan cotton bud. Namun, apakah cara ini aman untuk telinga kita?
cutton bud / youtube
Inilah bahayanya jika membersihkan telinga dengan cotton bud :

Dengan cotton bud, kotoran akan terdorong lebih masuk ke dalam telinga sehingga kotoran tersumbat di dalamnya dan menyebabkan sarang bakteri. Penggunaan cotton bud juga dapat merusak gendang telinga.

Tapi, ada tips paling aman untuk membersihkan telinga tanpa menggunakan cotton bud. Yaitu dengan menggunakan baby oil. Baca : Kenali ciri-ciri cermin 2 arah agar tak mudah diintip

Penggunaan baby oil dirasa cara yang paling aman untuk membersihkan telinga, karena kita tidak harus memasukkan benda asing ke dalam telinga yang justru mengakibatkan kotoran terperangkap dan membuat gendang telinga sakit.

Menurut Neurotologist Erika Woodson, MD Head and Neck Institute, Cleveland, Ohio mengatakan, "Membersihkan telinga dengan baby oil adalah cara paling aman untuk mengeluarkan kotoran di dalam telinga dan melembutkan telinga." Baca : Di Amerika, kotoran manusia dihargai Rp.16 Juta

Caranya yaitu dengan menggunakan baby oil yang steril, lalu tuangkan ke dalam telinga, ingat jangan terlalu banyak karena telinga sangat sensitif. Kemudian, biarkan baby oil masuk ke dalam telinga sebentar kemudian berbaringlah dengan telinga yang sudah diberi baby oil berada di bawah.

Tunggu sampai baby oil keluar. Lakukan cara pembersihan ini secara rutin, setidaknya dua kali dalam sebulan. Dengan begitu, buat kamu yang sering membersihkan telinga dengan cotton bud sebaiknya menghentikan hal ini karena akan membuat bakteri di dalam telinga berkembang biak.
Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top