Minggu, 02 Agustus 2015

Awas!! Daun Singkong Nasi Padang Mengandung Boraks!

Daun singkong adalah menu utama di nasi padang. Jika hanya sambal hijau dan rendang saja rasanya kurang tanpa adanya daun singkong.

Si hijau nan sehat ini sangat pas dan enak dipadukan dengan sambal. Karena sayur di nasi padang sebagian besar bersantan, daun singkong ini menjadi penawarnya.
Daun singkong rebus / ibundacerdas.com
Namun daun singkong yang ada di nasi padang perlu diwaspadai. Di Yogyakarta ditemukan daun singkong yang digunakan di nasi padang direbus dengan boraks atau bleng. Hal ini dikarenakan agar daun singkong tetap hijau dan lunak.

Alasan pemberian boraks pada daun singkong

Faisal (32), salah satu penjual nasi padang mengatakan bahwa, penjual lainnya melakukan hal ini agar dagangannya lebih menarik dan mereka tidak tahu bahaya boraks atau bleng untuk kesehatan. Baca : Ini cara mudah mengetahui boraks dalam bakso dengan tusuk gigi

Pengaruh boraks terhadap kesehatan jika dikonsumsi terus menerus adalah mual, muntah, diare, sesak napas, nyeri dan kram perut bagian atas, badan terasa lemah, mengalami perdarahan, sakit kepala, rusaknya ginjal, dan kanker. Baca : 6 Barang di rumah ini bisa sebabkan kanker

Tips membeli nasi padang agar terhindar dari boraks

Sebelum membeli nasi padang, sebaiknya perhatikan dulu daun singkongnya. Jika warnanya tetap hijau dan teksturnya lembut, perlu diwaspadai daun singkong tersebut direbus menggunakan boraks. Namun sebaliknya, jika warnanya kurang menarik, berarti daun tersebut direbus tanpa boraks.

Sebaiknya anda berhati-hati sebelum membeli makanan. Salah beli akan berakitbat pada diri anda sendiri nantinya.
Awas!! Daun Singkong Nasi Padang Mengandung Boraks! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top