Sabtu, 01 Agustus 2015

Alasan Penderita Diabetes Harus Sarapan

Selama ini, orang awam selalu menyarankan penderita diabetes agar tidak sarapan. Mereka beranggapan bahwa dengan sarapan akan meningkatkan kadar gula dalam tubuhnya. Namun ternyata hal itu benar-benar salah.

Menurut penelitian baru, penderita diabetes tipe 2 yang melewatkan sarapan dan tidak makan hingga siang justru akan mengalami lonjakan kadar gula dalam tubuhnya. Baca : Nasi putih ternyata tidak baik untuk kesehatan
Ilustrasi diabetes / champreviews.com
"Untuk individu dengan diabetes tipe 2, melewatkan sarapan dikaitkan dengan peningkatan lonjakan gula darah dan HbA1C yang signifikan, yang mewakili kadar glukosa darah rata-rata selama tiga bulan sebelumnya," kata Daniela Jakubowicz, peneliti dan profesor di Tel Aviv University, Israel.

Penelitian yang dilakukan pada 22 orang penderita diabetes tipe 2 dengan usia rata-rata 56 tahun, melakukan penelitian dengan cara penderita diabetes ini sarapan sebanyak kalori yang mereka konsumsi saat makan siang dan makan malam. Baca : Ternyata 4 makanan enak ini menjadi penyebab bau mulut

Hasilnya, para penderita diabetes mengalami kenaikan glukosa dari 268 mg/dl, setelah makan siang dan makan malam 298 mg/dl pada hari kedua, dan tingkat glukosa mereka menurun pada hari ketika mereka sarapan dengan jumlah glukosa 192 mg/dl dan 215 mg/dl setelah makan siang dan makan malam.

Hal ini berarti bahwa mengurangi sarapan tidak mengurangi kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes tipe 2.

Dengan demikian, untuk para penderita diabetes jangan khawatir untuk sarapan, karena dengan sarapan dapat meminimalisir peningkatan kadar gula dalam darah, bukan sebaliknya. Namun, konsultasikan kepada dokter dan lakukan check up secara rutin.
Alasan Penderita Diabetes Harus Sarapan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top