Senin, 24 Agustus 2015

Ajaibnya Sungai di Indonesia ini, Mengalirkan Air Panas dan Dingin Sekaligus

Wisata alam memang sudah mulai populer di kalangan masyarakat. Terutama karena udara di sekitar masih asri dan dingin. Apalagi jika ada sungai dan air terjun, pastilah sangat diminati.

Umumnya, air sungai berasa dingin karena langsung mengalir dari pegunungan. Ada juga aliran air yang terasa panas, karena berada di sekitar kawah gunung berapi. Tapi di salah satu sungai Indonesia memiliki aliran air panas dan dingin sekaligus.
Sungai Dua Rasa / pariwisatasumut.net
Aliran sungai panas dan dingin ini disebut dengan Sungai Dua Rada yang berada di Negeri Suah, Deli Serdang. Sungai ini adalah sungai paling unik di Indonesia, karena kita dapat merasakan sungai ini dengan dua rasa yaitu panas dan dingin sekaligus.

Sungai ini lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai wisata alam dan tracking. Jangan heran, disinipun belum banyak orang yang menjual makanan dan minuman. Jadi harus siap-siap segala keperluan makanan, minuman, juga obat-obatan.

Lokasinya pun masih jauh dari pemukiman penduduk. Keadaan alamnya masih sangat asri, tapi jangan heran jika disana banyak pacet, nyamuk, dan hewan-hewan lainnya. Ada baiknya menggunakan lotion anti nyamuk biar tidak digigit nyamuk.

Aliran sungai berbeda suhu ini berasal dari air terjun yang berbeda suhu juga. Suhu panas dari air terjun berasal dari Air Terjun Sampuren Putih dan Sungau Lau Suruway.

"Jika wisatawan ingin merasakan air setelah dua aliran itu bersatu, berendamlah di aliran yang sedikit jauh dari dua aliran air tersebut, maka air yang dirasakan sudah berubah lagi, yakni tidak panas dan tidak dingin," kata Roha, salah seorang wisatawan.

Warna aliran panas dan dingin ini berwarna biru keabu-abuan. Bukan coklat atau bening seperti sungai biasanya.

Sungai dua rasa ini dapat ditempuh 20 menit. Dari Medan dapat ditempuh sekitar 50 km dengan waktu kurang lebih dua jam via Patumbak atau via Bandar Baru, atau 45 menit dari kecamatan Sibolangit. 

Untuk menuju sungai tersebut, ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sewa di kota terlebih dahulu, lalu berhenti di Desa Cinta Rakyat dan Desa Negeri Suah. Setelah melewati dua desa tersebut, sampailah di sungai Dua Rasa, Deli Serdang.

Menarik bukan? Ada yang ingin kesana?
Ajaibnya Sungai di Indonesia ini, Mengalirkan Air Panas dan Dingin Sekaligus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top