Minggu, 23 Agustus 2015

5 Warisan Belanda ini menjadi Makanan Khas Indonesia!

Belanda adalah negara terlama yang menjajah Indonesia, yaitu selama 350 tahun. Dari generasi ke generasi pada waktu itu pasti mengalami pedihnya penjajahan Belanda. Hingga saat ini, masih ada bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang masih digunakan di Indonesia.

Tak hanya bangunan yang menjadi tinggalan warga Belanda, beberapa makanan khas Indonesia ini adalah makanan yang ternyata diwariskan oleh Belanda, salah satunya adalah si imut kue cubit. Selain itu masih ada beberapa makanan khas Indonesia yang merupakan warisan dari Belanda.

Inilah lima makanan khas Indonesia yang ternyata warisan dari bangsa Belanda :
  1. Semur

    Semur / resepmasakanpilihan.com
    Makanan berbahan dasar daging ini ternyata peninggalan Belanda. Dalam bahasa Belanda bernama 'smoor' yang artinya rebusan. Karena pengucapan seperti 'semur' sampailah sekarang makanan itu disebut semur.
  2. Perkedel

    Perkedel / bisikan.com
    Makanan berbahan dasar kentang dan berbentuk bulatan kecil ini ternyata peninggalan penjajah Belanda. Di Belanda, perkedel bernama frikadeller, yang terbuat dari kentang dengan campuran daging.
  3. Lapis Legit

    Lapis legit / tokomesin.com
    Kue yang rasanya sangat manis ini juga warisan dari Belanda, yang bernama spekkoek. Warna dasar kue ini adalah kuning dan coklat, dengan bahan tepung dan telur. Kemudian makanan ini mulai dibuat warga Indonesia dengan nama spekuk atau yang kita kenal lapis legit.
  4. Kroket

    Kroket / resepmasakanindonesia.me
    Tak hanya perkedel, satu lagi makanan khas Indonesia warisan Belanda adalah kroket. Makanan ini juga berbahan dasar kentang kemudian diisi dengan ragout dan dibalut tepung panir kemudian digoreng hingga kecoklatan.
  5. Kue Cubit

    Kue Cubit / gosipedia.com
    Satu lagi warisan Belanda adalah kue cubit. Kue yang dibuat kecil-kecil dan diberi coklat atau taburan diatasnya ini adalah kue yang diadaptasi dari makanan Belanda yaitu poffertjes. Sama seperti di Indonesia, poffertjes juga dijual di pinggiran jalan.
Itulah makanan khas Indonesia yang ternyata warisan dari Belanda.
5 Warisan Belanda ini menjadi Makanan Khas Indonesia! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top