Kamis, 13 Agustus 2015

11 Fakta Istimewa dibalik Bendera Merah Putih

Bendera negara Indonesia berwarna Merah dan Putih. Merah berarti berani dan Putih artinya suci. Pasti semua sudah tahu akan arti ini.

Warna merah putih melambangkan keberanian masyarakat Indonesia dalam peperangan untuk memerdekakan negara Indonesia, dan kesucian hati dari masyarakatnya.

Tentu semua sudah tahu arti merah dan putih ini. Namun, masih banyak loh fakta-fakta tentang bendera merah putih yang belum kamu ketahui.

Inilah 11 fakta istimewa dibalik warna bendera merah putih :
  1. Bendera Pertama Kali Dijahit Oleh Seorang Wanita

    Ibu Fatmawati sedang menjahit bendera merah putih / apakabardunia.com
    Bendera merah putih berukuran 276 x 200 cm dengan ukuran merah dan putih sama panjang dijahit pertama kali oleh ibu negara, Fatmawati.
  2. Kain Istimewa untuk Sang Merah Putih

    Mesin jahit yang dipakai Ibu Fatmawati / indonesia.travel
    Bahan yang digunakan untuk bendera merah putih adalah katun dari Jepang. Karena, katun Jepang saat itu menjadi kain terbaik dan banyak digunakan untuk pembuatan bendera di berbagai negara.
  3. Makna Warna Merah dan Putih

    Makna dalam bendera merah putih / en.tempo.co
    Warna merah dan putih dalam bendera merah putih menganut filosofi yang luar biasa. Merah berarti berani dan raga, sedangkan putih melambangkan kesucian dan jiwa. Jadi merah putih berarti jiwa dan raga bangsa Indonesia.
  4. Pengibaran untuk Pertama Kalinya

    Pengibaran Sang Saka Merah Putih pertama kali / 123456asa.wordpress.com
    Pengibaran bendera merah putih pertama kali dilakukan pada saat Ir. Soekarno memproklamirkan teks proklamasi. Bendera yang dijahit Ibu Fatmawati ini yang kemudian disebut sebagai "Sang Saka Merah Putih".
  5. Sang Saka Merah Putih Pernah Robek

    Ilustrasi bendera merah putih robek / konstruksi101.blogspot.com
    Karena faktor usia, sejak tahun 1968 Sang Saka Merah Putih tidak lagi dikibarkan dan hanya disimpan di Istana Negara. Saat ini yang dikibarkan adalah duplikatnya yang terbuat dari kain sutera. Baca : 4 Kisah Memalukan saat Sang Merah Putih Dikibarkan Terbalik
  6. Sang Saka Merah Putih tetap menjadi Tamu Utama di Upacara Istana Negara

    Penukaran Sang Saka Merah Putih dengan duplikatnya / jpnn.com
    Walaupun usia sudah tak muda lagi, Sang Saka Merah Putih tetap menjadi tamu istimewa dalam upacara kemerdekaan di Istana Negara. Sang Saka dibawa oleh pasukan pengibar bendera dengan baki kemudian diberikan kepada presiden untuk ditukarkan dengan duplikatnya, dan duplikatnyalah yang dikibarkan.
  7. Bendera Merah Putih Punya Tiga Nama

    Bendera Indonesia / galerifotojogja.wordpress.com
    Bendera lambang Indonesia ini ternyata memiliki tiga nama dengan arti dan penggunaan berbeda loh, yaitu :

    Bendera Pusaka, yaitu bendera yang pertama dijahit oleh Ibu Fatmawati, sering disebut dengan 'Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih'.

    Sang Saka Merah Putih, yaitu julukan kehormatan terhadap bendera Merah Putih Negara Indonesia.

    Sang Merah Putih / Sang Dwiwarna adalah sebutan untuk setiap bendera Republik Indonesia yang berkibar di setiap upacara bendera.
  8. Penggunaan Bendera Merah Putih

    Bendera merah putih yang dipasang di depan rumah / sulutexpress.com
    Hingga saat ini dan selamanya, bendera Indonesia harus tetap dikibarkan. Pada tanggal 14 - 20 Agustus di setiap rumah di Indonesia harus mengibarkan bendera merah putih. Untuk kantor, sekolah, perbatasan, dan instansi pemerintahan lainnya harus mengibarkan bendera merah putih setiap hari.
  9. Ada Aturan dalam Mengibarkan Bendera Merah Putih

    Merah Putih / wahzua.blogspot.com
    Tak asal dikibarkan, bendera merah putih mempunyai aturan dalam pengibarannya. Aturan pengibaran bendera merah putih terdapat dalam Pasal 33 UUD 1945 dan UU No. 24 tahun 2009 serta PP No. 40 tahun 1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia.
  10. Yang tidak boleh Dilakukan Terhadap Bendera Merah Putih

    Sebagai lambang kehormatan negara, sudah seharusnya bendera merah putih dihormati. Kita dilarang merusak, merobek, menghina, menggunakannya untuk hal yang tidak berhubungan dengan kenegaraan. Hal ini semua diatur dalam Undang-Undang.
    Jangan lakukan ini! / phaul-heger.blogspot.com
  11. Asal Usul Bendera Indonesia

    Bendera Indonesia terinspirasi pada Bendera Empayar Majapahit yang berwarna merah putih garis kecil. Kemudian bendera kompeni Inggris memakai desain bendera majapahit dan menyematkan lambang bendera Inggris di bagian pojok kiri atas.
    Asal Usul / sif7680.blogspot.com
    Kemudian, bendera merah putih yang sekarang ini menjadi bendera Indonesia dan menjadi inspirasi negara lain, seperti Singapura, Sang Saka Malaya dan Bendera Rakyat (sebelum kemerdekaan Malaya), lalu menjadi inspirasi pula kepada Pan Malaysian Islamic Party (PAS) dan United Malays National Organisation (UMNO).
Bagaimana? Pengetahuan kamu sudah bertambah lagi kan? Cintailah Negara kita Indonesia ini.
11 Fakta Istimewa dibalik Bendera Merah Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top