Rabu, 08 Juli 2015

Kisah Mbah Sholeh, Santri Sunan Ampel yang Punya 9 Makam

Sunan Ampel adalah salah satu Walisongo yang menyebarkan agama islam di tanah jawa. Nama kecil Sunan Ampel adalah Raden Rahmat. Salah satu peninggalan Sunan Ampel di tanah jawa adalah Masjid Agung Sunan Ampel. Masjid ini didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel, dibantu sahabat karibnya Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji, serta para santrinya. Masjid Sunan Ampel dibangun di Desa Ampel (sekarang Kelurahan Ampel), Kecamatan Semampir, Surabaya-Jawa Timur, atau sekitar 2 km ke arah Timur Jembatan Merah.

Masjid Agung Sunan Ampel ini menjadi pusat penyebaran agama islam di kala itu. Selain masjid, Sunan Ampel juga mendirikan Pondok Pesantren Ampel. Sejak tahun 1972, Kawasan Masjid Agung Sunan Ampel telah ditetapkan menjadi tempat wisata religi oleh Pemkot Surabaya. Masjid Agung Sunan Ampel ini termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia.

Banyak cerita unik berkenaan dengan Masjid Agung Sunan Ampel ini. Salah satunya adalah kisah Mbah Sholeh, tukang sapu masjid yang meninggal 9 kali. Karena meninggal 9 kali, beliau pun memiliki 9 makam yang terletak di samping Masjid Ampel. Baca : Pertama di Indonesia, Ada Masjid "Berjalan" di Bandung
Makam Mbah Sholeh di samping Masjid Agung Sunan Ampel,
Gambar via Brilio
Mbah Sholeh merupakan salah satu santri Sunan Ampel yang taat, setia, serta rajin. Sifat rajin Mbah Sholeh terlihat dari hari-hari beliau yang tak pernah dilewatkan untuk membersihkan masjid. Bahkan bisa dibilang, beliau adalah tukang bersih-bersihnya masjid. Dikalangan para santri, Mbah Sholeh memang sangat terkenal sebagai sosok yang senantiasa menjaga kebersihan. Bahkan hal itu pun diakui gurunya sendiri, Sunan Ampel.

Hingga suatu hari, Mbah Sholeh pun wafat. Jasadnya dimakamkan di samping masjid. Setelah Mbah Sholeh wafat, Sunan Ampel tak juga menemukan sosok pengganti yang rajin seperti Mbah Sholeh. Hal ini membuat masjid jadi kotor dan kurang terurus. Ketika itulah Sunan Ampel tiba-tiba teringat dengan Mbah Sholeh. Lalu Sang Sunan pun bergumam dalam hati. "Kalau Mbah Sholeh masih ada, masjid pasti bersih".

Seketika itu, tiba-tiba sosok mirip Mbah Sholeh muncul dan menjalankan rutinitas bersih-bersih masjid sebagaimana yang biasa dilakukan Mbah Sholeh. Namun tak lama sosok tersebut kembali meninggal dan dimakamkan di samping makam Mbah Sholeh sebelumnya.

Peristiwa itu berulang hingga 9 kali. Setiap meninggal, Mbah Sholeh selalu dimakamkan di samping makam yang sebelumnya. Karena meninggal hingga 9 kali, maka makamnya yang terletak di samping Masjid Agung Sunan Ampel pun ada 9. Konon kabarnya, Mbah Sholeh baru benar-benar meninggal setelah Sunan Ampel wafat.
Kisah Mbah Sholeh, Santri Sunan Ampel yang Punya 9 Makam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top