Kamis, 02 Juli 2015

Inilah 3 Kebiasaan yang Membuat Jantung Berhenti Berdetak

Jantung adalah salah satu organ vital manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Semua orang pasti ingin memiliki jantung yang sehat. Menerapkan gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena tak banyak yang tahu kalau berbagai kebiasaan yang sebagian besar orang menganggapnya lumrah, ternyata bisa membuat jantung berhenti berdetak. Berikut ini 3 kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari, jika ingin jantung tetap berdetak.
ilustrasi sernagan jantung / livescience.com
  1. Mendengkur

    Mendengkur ketika tidur ternyata berbahaya bagi kesehatan. Meski sekilas terlihat sepele, namun mendengkur dapat menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius, misalnya apnea tidur obstruktif.

    Aapnea tidur obstruktif akan menyebabkan pernafasan dangkal atau pernafasan berhenti untuk sementara. Orang-orang dengan apnea tidur osbtruktif biasanya tak menyadari keadaan mereka. Baca : Ini jadinya kalau ikan capek berenang
  2. Duduk Berjam-jam

    Meski rajin berolahraga, tapi kalau hobi kamu duduk berjam-jam, hal itu masih dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini seperti yang dikatakan Harmony R. Reynolds, MD, direktur Cardiovascular Clinical Research Center di NYU Langone Medical Center, di New York City.

    Minimnya gerakan yang dilakukan dapat mempengaruhi kadar lemak dan gula. Berdasarkan saran Dr. Reynolds, buat kamu yang hobi duduk berjam-jam, bekelilinglah secara berkala di sekitar meja kerjamu. Selain itu berdirilah ketika mengangkat telepon.
  3. Stres

    Stres atau depresi bisa mempengaruhi kesehatan jantung. Untuk mengatasi hal ini, kita harus pandai-pandai mengelola emosi. Mereka yang suka menyembunyikan perasaan, lebih berisiko terkena penyakit jantung. Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa tertawa dan dukungan sosial dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Baca : Cara ampuh hilangkan galau
Itulah beberapa kebiasaan yang bisa memperburuk kesehatan jantung. Semoga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kehidupan kita semua.
Inilah 3 Kebiasaan yang Membuat Jantung Berhenti Berdetak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top