Minggu, 28 Juni 2015

Pertama di Indonesia, Ada Masjid "Berjalan" di Bandung

Sebagai umat islam, sholat 5 waktu adalah kewajiban yang harus selalu ditunaikan. Tidak ada alasan untuk tak melaksanakannya, apalagi bagi umat islam yang sudah baligh. Namun tak dipungkiri jika masih banyak ditemui umat islam yang meninggalkan sholat 5 waktu karena alasan tak ada waktu, terlalu sibuk dan sulit menemukan tempat sholat. Untuk alasan yang terakhir tersebut, kini sudah ada solusinya, yaitu masjid "berjalan" atau masjid portable. Tepatnya di Bandung, masjid portable menjawab kegelisahan warga Bandung mengenai kesulitan menemukan tempat sholat di tempat-tempat umum (keramaian).

Disebut masjid berjalan, karena masjid ini sejatinya adalah sebuah mobil van seukuran travel yang menyediakan berbagai perlengkapan sholat seperti mukena, sajadah, sarung, air wudhu, bahkan sandal japit pun tersedia. Disebut juga masjid portable, sebab keberadaan dan bentuknya bisa disesuaikan. Masjid ini menyesuaikan di mana keramaian itu hadir.
masjid portable di Bandung / rancahpost.co.id
Sekitar 30 menit, masjid dengan konsep outdor ini pun siap digunakan masyarakat Bandung. Kurang lebih 70 orang bisa menunaikan sholat di sajadah yang telah disiapkan pihak masjid portable ini. Selain itu, imam untuk masjid portable ini pun juga ada, lengkap dengan sound system pendukungnya. Mengenai kiblat sholat, pengelola menentukannya dengan kompas, hal ini lantaran masjidnya yang selalu mobile (berpindah-pindah). Baca : 5 masjid ini tak runtuh meski diterjang bencana hebat

Terwujudnya masjid portable di Bandung ini, tak lain karena kerja sama Yayasan Rumah Zakat dan Yayasan Masjid Nusantara. Sejak pertama kali launching pada Selasa 16 Juni 2015 lalu, masjid portable ini mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat luas. Seperti waktu longsor di Pangalengan kemarin, keberadaan masjid portable ini sangat bermanfaat bagi para relawan yang ingin menunaikan sholat.

Karena mendapatkan banyak respon positif setiap harinya, pengelola sedang mengupayakan untuk menambah jumlah masjid portable ini. Hal itu dapat cepet terlaksana jika ada donatur yang mau berdonasi. Baca : Ada masjid berjalan di lokasi wisata ini

Nah, bagi masyarakat islam Bandung, kini tak ada alasan lagi untuk tidak sholat di tempat keramaian lantaran sulit menemukan tempat sholat. Masjid portable menjadi solusi jitu untuk hal tersebut. So, jangan ragu untuk gunakan fasilitas masjid portble ini yach. Semoga cepat terwujud juga masjid-masjid portable lain di berbagai kota di Indonesia. Aamiin.
Pertama di Indonesia, Ada Masjid "Berjalan" di Bandung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top