Kamis, 04 Juni 2015

Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal ini Dapat Merusak Mata

Mata adalah salah satu panca indera yang wajib dijaga kesehatannya. Dengan mata, kita dapat melihat banyak sekali keindahan yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Meski kesehatan mata sangatlah penting, banyak juga orang yang mengabaikannya. Mereka kurang peduli akan kesehatan mata. Padahal kalau sudah sakit mata, wah bisa repot sekali. Mata merah kena debu aja sudah cukup mengganggu, apalagi penyakit mata yang lebih berat lagi.

Gaya hidup ternyata menjadi penyebab utama gangguan kesehatan pada mata. Ya, gaya hidup kita sehari-hari secara tak sadar juga mempunyai andil yang cukup besar terhadap kesehatan mata kita. Gaya hidup seperti apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya.
mata merah, salah satu penyakit mata / oknation.net
Gaya Hidup ini perlahan-lahan merusak mata :
  1. Merokok

    Selain menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti kanker, jantung, merokok juga bisa mengakibatkan penyakit pada mata, yaitu katarak. Hal ini didasarkan pada penelitian dari Harvard. Selain itu, merokok juga meningkatkan risiko kehilangan penglihatan hingga 4 kali lipat karena kandungan bahan kimia di dalamnya.
  2. Menggosok mata dengan tangan

    Terdengar sangat sepele sekali kan? Hanya dengan menggosok mata dengan tangan loh. Dan ini tanpa sadar selalu kita lakukan untuk menghilangkan gatal di mata. Menggosok mata dengan tangan sangat berisiko, karena bisa menganggu sensitivitas pada kornea. Risiko ini semakin meningkat jika ada hembusan angin dan membawa kotoran ke mata.
  3. Terlalu banyak belajar

    Ternyata belajar terus-terusan juga tak baik. Memang sih, belajar sangat perlu dilakukan sebagai rutinitas, terlebih buat kamu yang masih sekolah atau kuliah. Namun, berdasarkan survei dari King College London, terlalu lama bersekolah ternyata tidak bagus untuk mata. Hal ini disebabkan terlalu seringnya mengakses komputer untuk belajar. Sebagai penyeimbang, kamu harus menggunakan waktu lain untuk kegiatan selain belajar.
  4. Ngemil

    Ngemil memang asyik, apalagi kalau ngemil sambil nonton film. Namun, sebaiknya segera kamu kurangi kegiatan ngemilmu yang berlebihan. Sebab rasa gurih camilan ternyata tak bagus untuk kesehatan mata. Kandungan garam pada cemilan bisa membuat mata kering dan iritasi. Hal ini tentu berdampak buruk, karena mata jadi tak terlindungi dengan baik.
  5. Menatap layar komputer

    Ini tentu sudah menjadi rahasia umum yang menjadi salah satu penyebab kesehatan mata menurun. Terlalu sering menatap komputer akan membuat kamu jarang berkedip. Hal ini akan menyebabkan mata menjadi kering, seperti ketika terlalu banyak makan cemilan di atas. Selain itu, terlalu fokus dengan monitor juga membuat kedipan mata jadi tak sempurna. Baca : Karena internet, remaja ini nekat memotong tangannya sendiri. Video game, play station dan berbagai macam game lainnya juga tidak baik untuk mata jika dimainkan secara terus-terusan dan lupa waktu.
Itulah beberapa hal yang tanpa kita sadari, memiliki andil besar memperburuk kesehatan mata. Semoga bermanfaat. Baca : Bola mata bisa lepas karena bersin?
Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal ini Dapat Merusak Mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top