Jumat, 26 Juni 2015

Di Jatim, Sholat Tarawih 20 rakaat Dikerjakan Hanya Dalam 7 Menit

Di bulan ramadhan seperti ini, kita sangat dianjurkan untuk melakukan berbagai macam ibadah sunnah, salah satunya yaitu sholat tarawih. Sholat tarawih hanya ada di bulan ramadhan saja, jadi kalau melewatkan sholat ini, rasanya sungguh sayang. Masyarakat Indonesia terbiasa mengerjakan sholat tarawih sebanyak  8 rakaat dan 20 rakaat. Jika ditambah witir 3 rakaat, jadinya 11 rakaat dan 23 rakaat.

Sejak saya kecil, mushola di samping rumah saya selalu mengerjakan sholat tarawih dan witir 23 rakaat. Dan pengerjaannya pun cukup cepat, sekitar setengah jam. Namun ternyata ada yang lebih cepat lagi, seperti yang dilakukan sebuah pesantren di Blitar ini.

Baru-baru ini sebuah pesantren di Blitar - Jawa Timur menjadi sorotan masyarakat dunia maya karena melaksanakan sholat tarawih yang sangat cepat. 23 rakaat sholat tarawih dan witir itu selesai hanya dalam waktu 7 menitan. Baca : Inilah keistimewaan malam ramadhan

sholat tarawih kilat / Metrotvnews.com
Sholat tarawih yang bisa dikatakan tercepat di dunia ini dilaksanakan di Pesantren Mambaul Hikam Mantenan. Sholat tarawih dengan durasi yang sangat singkat tersebut dengan cepat menarik perhatian warga sekitar pesantren untuk ikut bertarawih di pesantren tersebut. Tak ayal jumlah jamaah tarawaihnya setiap hari selalu mencapai ratusan lebih.

Berdasarkan keterangan pihak pesantren, sejarah sholat tarawih cepat tersebut telah dimulai sekitar 1 abad lalu lalu, yaitu sejak Pesantren Mambaul Hikam Mantenan pertama kali dibangun oleh KH Abdul Ghofur. Sampai saat ini, pengasuh pesantren mengaku tak berani merubah tradisi tarawih tercepat itu.

“Saya ini hanya mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh para sesepuh. Kami tidak berani mengubahnya,” kata KH Diya’uddin Az-Zamzami, salah seorang pengasuh Pesantren Mambaul Hikam seperti yang saya kutip dari NU Online (26/5).

Ditambahkan oleh KH Diya'uddin, sholat itu terbilang cepat karena sang imam hanya mengerjakan doa yang wajib-wajib, misalnya niat, takbirotul ihram, baca Fatihah plus ayat pendek Alquran hingga salam.

"Doa ruku, kita singkat cukup Subhanallah. Lainnya hanya Allah-Allah saja. Tahiyat akhir juga hanya sampai bacaan shalawat untuk nabi Muhammad kemudian salam," jelasnya. Baca : Inilah sejarah diadakannya sholat tarawih

Pihak MUI Cabang Blitar juga tak mempermasalahkan sholat tarawih kilat ini. Menurutnya, sholat tarawih tersebut tetap sesuai rukun sholat. Jika kamu penasaran ingin melihat seberapa cepat sholat tarawihnya, silakan lihat pada potongan videonya di bawah ini :
Di Jatim, Sholat Tarawih 20 rakaat Dikerjakan Hanya Dalam 7 Menit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top