Kamis, 18 Juni 2015

4 Makanan yang harus Dihindari Ketika Sahur

Alhamdulillah, bulan penuh keberkahan, penuh ampunan, serta penuh pahala sudah tiba. Sebagai umat islam, adalah kewajiban untuk berpuasa di bulan ramadhan ini. Selain bermanfaat untuk kebutuhan spiritual, berpuasa di bulan ramadhan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Maka dari itu, sangatlah sayang sekali jika tak ada halangan yang berarti, kita meninggalkan kewajiban berpuasa ini.

Agar puasa kita tetap lancar dan penuh berkah, salah satu yang harus diperhatikan adalah makanan yang kita konsumsi ketika sahur. Sebab sahur merupakan momen dimana kita memasukkan nutrisi ke yang bermanfaat ke dalam tubuh. Sehingga jika salah memilih makanan, akibatnya puasa bisa jadi lemas. Baca : Dimanakah Level puasa kita?
Jenis makanan yang harus dihindari ketika sahur / allinfodir.com
Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sahur :
  1. Makanan berlemak tinggi atau yang digoreng

    Kenapa sebaiknya menghindari makanan berlemak atau yang digoreng ketika sahur? Hal ini karena makanan berlemak tinggi atau makanan yang digoreng tersebut memerlukan waktu lama untuk dicerna, sehingga hal ini berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan perut selama puasa.
  2. Makanan Kemasan

    Kebanyakan makanan kemasan memiliki kandungan garam yang tinggi. Kandungan garam ini dapat mengikat suplai cairan di dalam tubuh. Dan bisa ditebak, kamu pun jadi cepat haus. Kalau cepat haus saat berpuasa, tentu tidak nyaman bukan?
  3. Seledri

    Seledri termasuk sayuran yang memiliki kandungan air tinggi. Namun hal ini malah kurang bagus dikonsumsi saat sahur, karena seledri merupakan diuretik alami yang menyebabkan kandung kemih menjadi penuh, sehingga, kita akan selalu buang air. Keseringan buang air bisa menyebabkan dehidrasi saat puasa. Selain seledri, mentimun dan semangka juga merupakan makanan yang tinggi air dan merupakan diuretik alami 
  4. Daging

    Daging juga termasuk makanan yang membutuhkan waktu cerna yang lebih lama. Jika kita terlalu banyak makan daging ketika sahur, bisa membuat perut jadi tidak nyaman selama puasa. Baca : Benarkah Bekam Batalkan Puasa?
Selain makanan di atas, soda juga termasuk minuman yang sebaiknya dihindari ketika sahur. Sebab kandungan kimia di dalamnya akan membuat kita merasa cepat haus saat berpuasa.
4 Makanan yang harus Dihindari Ketika Sahur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top