Senin, 11 Mei 2015

3 Amalan Ringan Penghapus Dosa ini Seringkali Diabaikan

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Baik disengaja atau tidak, mulai dosa kecil yang remeh hingga dosa-dosa besar. Sayangnya, meski diciptakan dengan tabiat mudah khilaf, banyak di antara mereka yang sombong dan enggan akui kebenaran, apalagi bertobat. Maha Suci Allah, Allah SWT Maha Pemurah. Dia mengampuni segala dosa dan memaafkan kesalahan yang dilakukan oleh hamba-hamba-Nya. Dia mengampuni dosa sebanyak apa pun, selama bukan dosa syirik, yaitu menyekutukan Allah dengan selain-NYA.

Rasulullah SAW sebagai makhluk paling suci yang terhindar dari segala dosa dan menjadi suri tauladan bagi kita umat muslim saja masih tetap beristighfar 70 sampai 100 kali sehari. Lalu bagaimana dengan kita manusia biasa yang tak luput dari dosa?
Bersegera menuju masjid untuk sholat berjamaah di awal waktu, salah satu amalan ringan penghapus dosa / kemenag.go.id
Suatu hari, Nabi Muhammad SAW menjelaskan kepada para sahabatnya tentang 3 amalan yang dapat menghapus dosa dan meninggikan derajat. Berikut ini amalannya :
  1. Menyempurnakan wudhu

    Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu lalu memperbagus wudhunya, dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya (yang terkena air wudhu) sampai keluar dari ujung jemarinya.” (HR. Muslim).

    Selain itu kita juga harus menyempurnakan wudhu meski dalam keadaan tidak menyenangkan. Keadaan tidak menyenangkan di sini adalah keadaan dingin dimana manusia tidak menyukai air, karena bisa menambah hawa dingin yang dialami.
  2. Perbanyak jalan menuju masjid

    Bukan berarti hanya berjalan sampai masjid, lalu pulang tak melakukan apa-apa. Tapi bersegeralah mendatangi masjid setelah adzan berkumandang agar bisa sholat berjamaah di awal waktu. Setiap ayunan langkah kita menuju sholat berjamaah di masjid, terdapat ampunan atas dosa dan peninggian derajat kita oleh Allah SWT. Baca : Masjid ini 'berjalan' di sepanjang lokasi wisata
  3. Menunggu sholat sesudah sholat

    Amalan ketiga ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yaitu “Tunggulah shalat sesudah shalat.” Kebanyakan kita seringkali bersegera meninggalkan masjid setelah salam dalam sholat. Padahal, berlama-lama di masjid setelah sholat sambil menunggu waktu sholat berikutnya adalah bagus, kita bisa mengisinya dengan doa, dzikir dan tilawah Al-Qur'an.
Itulah beberapa amalan ringan yang seringkali kita lupakan, padahal keutamaannya sangat besar untuk menghapus dosa-dosa kita. Baca : Kosmonot Rusia takjub saat mengambil gambar Kota Mekah dari luar angkasa
3 Amalan Ringan Penghapus Dosa ini Seringkali Diabaikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top