Selasa, 31 Maret 2015

Inilah Fakta Penyakit Meningitis yang Diderita Olga Syahputra

Meninggalnya artis Olga Syahputra ditengarai karena penyakit meningitis yang dideritanya sejak setahun belakangan ini. Dari keterangan beberapa teman dan sahabatnya, Olga dan keluarga seringkali menyembunyikan penyakitnya tersebut. Sehingga jika ketemu dengan para sahabat dan temannya, Olga terlihat biasa saja, suka becanda dengan teman-teman, ngebanyol, bikin suasana tegang jadi cair. Namun dibalik itu semua, penyakit meningitis yang diderita Olga tersebut cukup berbahaya.

Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM,  angkat bicara mengenai riwayat penyakit meningitis. Baca : 5 Kebiasaan sepele ini bisa bikin cepat mati
penyakit meningitis olga syahputra, gejala meningitis, penyebab meningitis
Olga Syahputra / twitter.com
Seperti dirangkum dari Okezone, (31/3), berikut ini 5 fakta yang harus kamu ketahui tentang penyakit meningitis
  1. Gejala Meningitis Sukar Dideteksi

    Meningitis termasuk penyakit yang sukar dideteksi, hal ini karena gejalanya yang mirip seperti flu biasa. Padahal bakteri meningitis mengalami perkembangan yang cepat sekali dalam tubuh seseorang. Keterlambatan diagnosa dini terhadap meningitis menjadi penyebab banyaknya kematian akibat infeksi meningitis.
  2. Infeksi Bakteri Menjadi Penyebab Meningitis

    Bakteri meningkokus adalah salah satu bakteri penyebab meningitis. Orang yang terinfeksi bakteri meningkokus akan mengalami peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Hal ini bisa menyebabkan kematian bila tak segera ditangani.
  3. Penderita Jarang Sadar Jika Terjangkit meningitis

    Penderita meningitis biasanya tak sadar jika sudah terjangkit meningitis, hal ini karena gejala yang dialami orang tersebut sangat umum. Beberapa gejala meningitis yaitu flu, demam, muntah-muntah, tengkuk leher kaku dan nyeri pada kepala.
  4. Diagnosa Meningitis Melalui Sumsum Tulang Belakang

    Untuk mendiagnosa meningitis, dilakukan dengan mengambil cairan sumsum tulang belakang, atau bisa juga dengan tes darah. Diagnosa sedari dini terhadap meningitis sangat penting dilakukan agar bisa memberikan penanganan yang cepat untuk meredakan perkembangan infeksinya yang juga cepat.
  5. Penderita HIV/AIDS Berisiko Terjangkit Meningitis

    Orang yang menderita HIV/AIDS mengalami resiko lebih tinggi terjangkit meningitis. Hal ini karena daya tahan tubuh mereka sangat lemah dan penularan penyakit meningitis bisa melalui udara, bersin atau batuk.
Demikianlah fakta penyakit meningitis yang diderita Olga Syahputra. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kesehatan dan kewaspadaan kita terhadap penyakit meningitis. Baca : gejala penyakit kanker yang perlu diwaspadai pria
Inilah Fakta Penyakit Meningitis yang Diderita Olga Syahputra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top