Kamis, 05 Maret 2015

Inilah 3 Kehebatan Tatang Koswara Sniper Terbaik Indonesia

Indonesia ternyata mempunyai banyak warga berprestasi yang mungkin tidak terlalu terekspos. Salah satunya adalah Tatang Koswara. Pensiunan TNI AD ini dulunya adalah sniper (penembak jitu) legendaris yang tak hanya dibanggakan TNI AD, tapi juga disegani masyarakat dunia. Kehebatan Tatang Koswara di bidang menembak runduk ini sepertinya akan selalu dikenang, meskipun beliau baru saja meninggal dunia pada Selasa 3 Maret 2015 kemarin, usai menjadi bintang tamu di acara Hitam Putih Trans7.

Tatang Koswara meninggal di usianya yang ke-68 tahun. Tatang telah lama menderita penyakit jantung, dan puncaknya adalah kemarin di acara yang dipandu oleh Deddy Corbuzier dan Nycta Gina itu. Tatang meninggal akibat serangan jantung.
daftar sniper terbaik dunia, daftar penembak jitu TNI AD, daftar penembak runduk Indonesia
Tatang Koswara saat diwawancarai Deddy Corbuzier di acara Hitam Putih Trans7 / Dok : youtube.com
Dan berikut inilah 3 kehebatan Tatang Koswara sebagai sniper terbaik Indonesia:  
  1. Menjadi penembak jitu terbaik urutan 14 dunia

    Tatang Koswara tercatat sebagai penembak jitu terbaik nomor 14 tingkat dunia. Tatang sendiri awalnya juga tak begitu tahu tentang hal ini. Kehebatan Tatang dalam menjadi penembak runduk terbaik tingkat dunia dibuktikan saat beliau terlibat dalam operasi militer di Timor-Timur pada tahun 1975. Prajurit dan perwira gerakan pengacau keamanan banyak yang tumbang terkena peluru dari Winchester 70 milik Tatang.

    Karena kemampuannya itulah, nama Tatang kemudian masuk dalam jajaran sniper elite dunia. Di bawah ini urutan posisi Tatang Koswara diantara para sniper elite dunia, berdasarkan data dari sniper history:
    1. Simo Hayha (Finlandia) dalam operasi militer Perang Dunia II, korban 500 lebih.
    2. Nikolay Yakovlevich (Rusia) dalam operasi militer Perang Dunia II, korban 496.
    3. Ilyin Vasili Zaitsev (Rusia) dalam operasi militer Perang Dunia II. korban 400.
    4. Matthias Hetzenauer (Jerman) dalam operasi militer Perang Dunia II. korban 345.
    5. Sepp Allerberger (Jerman) dalam operasi militer Perang Dunia II, korban 257.
    6. Billy Sing (Australia) dalam operasi militer Perang Dunia I, korban 150.
    7. Adelbert Waldron III (Amerika Serikat) dalam operasi militer Perang Vietnam, korban 109.
    8. Charles B. Mawhinney (Amerika Serikat) dalam operasi militer Perang Vietnam, korban 103.
    9. Neville Methven (Afrika Selatan) dalam operasi militer Perang Dunia I, korban 100.
    10. Carlos Hathcock (Amerika Serikat) dalam operasi militer Perang Vietnam, korban 93.
    11. Helmut Wirnsberger (Jerman) dalam operasi militer Perang Dunia II, korban 64.
    12. Joseph T. Ward (Amerika)dalam operasi militer Perang Vietnam, korban 63.
    13. Philip G. Moran (Amerika)dalam operasi militer Perang Vietnam, korban 53.
    14. Tatang Koswara (Indonesia) dalam operasi militer di Timor-Timur, korban 41.
    15. Tom Ferran (Amerika) dalam operasi militer Perang Vietnam, korban 41.
    16. William Lucas (Amerika) dalam operasi militer Perang Vietnam, korban 38.
  2. Berhasil menewaskan puluhan musuh

    Sebagai prajurit yang baru saja selesai menjalani pendidikan bersama pasukan khusus Angkatan Darat Amerika Serikat (Green Berets), Tatang yang kala itu berpangkat sersan kemudian ditugaskan di Timor Timur untuk menumpas gerakan pengacau keamanan di sana.

    Dalam tugas tersebut, Tatang tergabung di bawah Satuan Tugas Khusus yang memiliki misi memburu para pentolan Fretilin dan sayap militernya, Falintil. Selain sebagai sniper, Tatang juga ditugaskan untuk memata-matai musuh dan mengumpulkan berbagai informasi tentang musuh (intelejen).

    Hal ini membuat Tatang seringkali menyusup terlalu dekat ke daerah musuh sendirian. Dalam melaksanakan tugasnya itu, Tatang menyusup dengan berjalan kaki, kadang diantar helikopter.

    Dalam tugas tersebut, Tatang pernah membawa 50 peluru, dimana 49 peluru dihabiskannya untuk merobohkan para musuh, termasuk duel dengan sniper lawan. Dan satu butir peluru disisakan untuk dirinya sendiri.

    Hal tersebut merupakan pelajaran yang ia dapat dari militer, jika suatu saat seorang sniper tertangkap, maka sniper tersebut harus bunuh diri dengan satu butir peluru tersebut, itu lebih terhormat daripada disiksa dan dibunuh lawan.

    Hal itu dimaksudkan agar musuh tak bisa menggali informasi dari sniper. Selain itu, jika terkepung, para sniper juga diwajibkan menghancurkan senjata miliknya dan memecahkan teleskop bidik.
  3. Mampu menembak burung terbang dengan tepat

    Kisah kehebatan lain almarhum Tatang Koswara dalam menembak kembali diceritakan oleh salah satu keluarganya, Yana (40). Kali ini bukan saat operasi militer, namun ketika menembak burung.

    Sejak kecil Yana sering diajak Tatang untuk melihat caranya menembak. Tatang memperlihatkan kepada dirinya cara memagang senjata yang benar. Baca : Para tokoh dunia yang sukses ini dulunya adalah seorang yang gagal

    Sautu ketika, saat keduanya mencari burung, ada satu burung yang saat itu terbang di langit-langit. Burung itu terbang begitu cepat, dan Tatang yang ketika itu sudah siap membidik pun menarik pelatuk senapan anginnya. Dan, dor! burung itupun terkena peluru senapan Tatang.
Itulah 3 kehebatan Tatang, sniper terbaik Indonesia yang disegani dunia. Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya kita bangga dengan kemampuan almarhum Tatang Koswara. Dan Semoga beliu mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin...
Inilah 3 Kehebatan Tatang Koswara Sniper Terbaik Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top