Senin, 02 Maret 2015

5 Kebiasaan Sepele ini Bisa Bikin Cepat Mati

Umur dan kematian memang rahasia Allah SWT, tapi bukan berarti kita terus pasrah tak memperhatikan kesehatan dan tingkah laku kita sehari-hari. Kita tetap dong harus menjaga kesehatan, merawat diri dan beraktifitas dengan baik. Karena aktifitas sehari-hari kita yang telah rutin menjadi kebiasaan itu bisa jadi menyehatkan dan sebaliknya bisa bikin cepat mati.

Jangan dipikir kebiasaan ini berupa kebiasaan yang memang sudah terlihat buruk, seperti merekok, minum-minuman keras, tapi sebaliknya, kebiasaan yang bisa bikin cepat mati ini malah kebiasaan sepele, seperti sulit tertawa.

Kebiasaan Sepele dan Remeh ini bisa bikin cepat mati :
  1. Sulit Tertawa. Pada paragraf di atas telah disinggung jika sulit tertawa merupakan salah satu kebiasaan sepele yang bisa bikin cepat mati. "Hah! Serius nih?!" Yap, saat pertama mengetahuinya, saya juga kaget seperti kamu. Seperti judulnya, sulit tertawa merupakan salah satu kegiatan remeh yang bisa bikin cepat mati.

    Berdasarkan penelitian yang dirilis dalam Journal of Cardiology, terungkap jika  tertawa bisa melindungi orang dari penyakit jantung. Selain itu, tawa juga bisa meredakan stres, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya bagi tubuh, tertawa juga bagus untuk pikiran. Hingga tak heran jika ada pepatah yang berbunyi, "tertawa adalah obat terbaik".
    Bahkan, sekalipun tawa itu dipaksa, efeknya tetap bisa membuat orang merasa lebih baik. Baru-baru ini penelitian tentang tertawa mengungkap jika kegiatan simpel ini juga bisa mencegah kepikunan pada manula.
  2. Tidak Bergaul. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak bergaul lumrah dibilang kuper (kurang pergaulan). Biasanya ini terjadi pada orang yang suka menutup diri, pemalu. Kalau istilah kerennya sih introvert.
    ilustrasi introvert, sukar bergaul / Dok : halogensoftware.com
    Saya sebetulnya juga sedikit introvert. Sikap ini saya lakukan kalau saya belum benar-benar kenal dan akrab dengan seseorang, tapi kalau sudah kenal, apalagi akrab, wahhh,,,saya termasuk orang yang asyik juga loh :D

    Agar terhindar dari stigma kurang pergaulan, introvert akut, serta akibat tidak baik yang menyertainya, setidaknya milikilah satu atau dua orang teman dekat yang bisa diajak ngobrol asyik, berbagi pikiran dan perasaan. Tak hanya baik untuk kehidupan sosial, bersosialisasi dan bergaul dengan sesama juga baik kesehatan fisik.

    Pada tahun 2013 lalu ada sebuah penelitian tentang bersosialisasi ini. Hasilnya, terungkap bahwa partisipan yang memiliki hubungan sosial kuat memiliki usia lebih panjang. Sebaliknya, partisipan yang kurang bersosialisasi cenderung memiliki usia yang pendek, hingga 50 persen.

  3. Kurang Tidur. Waktu tidur yang kurang bisa melemahkan tubuh, selain itu juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas. Berdasarkan penelitian, setidaknya orang dewasa harus tidur antara 7-8 jam semalam. Baca : Ini akibatnya jika terlalu banyak tidur

  4. Terlalu Banyak Duduk. Duduk lebih dari 3 jam sehari berpotensi memperpendek usia hingga 2 tahun, keterangan ini didasarkan pada penelitian di British Medical Journal. Berbagai penyakit yang juga bisa timbul karena kebanyakan duduk adalah; kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi.

    Jika pekerjaan kita memaksa untuk berlama-lama duduk, setidaknya berdirilah dan berjalan-jalan setiap beberapa jam sekali. Selain itu juga imbangi dengan olahraga yang teratur. Baca : Cara efektif menurunkan berat badan di tempat kerja

  5. Melewatkan Sarapan. Biarpun kamu sedang diet, sarapan adalah rutinitas pagi yang tak boleh dilewatkan. Hal ini sepertinya bertolak belakang dengan cara diet OCD ala Deddy Corbuzier yang lebih menyarankan untuk tidak sarapan.

    Dalam sebuah penelitian, terungkap bahwa orang yang melewatkan sarapan malah mengalami masalah dengan berat badan. Orang yang tidak sarapan biasanya akan makan lebih banyak kalori di siang hari, dan hal ini membuat mereka lebih mudah mengalami kegemukan.

    Masih berdasarkan penelitian, terungkap bahwa melewatkan sarapan akan berpengaruh pada sistem metabolisme seseorang sehingga membuat mereka lebih mudah terkena obesitas, penyakit jantung, stroke, dan kanker.
Itulah beberapa kebiasaan sepele yang bisa membuat manusia cepat meninggal. Sekali lagi saya tekankan kalau kematian itu adalah rahasia Tuhan. Paparan di atas adalah sebuah pengetahuan tentang contoh gaya hidup yang tidak baik yang sering menjadi kebiasaan. Namanya juga hal tidak baik, akibatnya pun juga tak akan baik, salah satunya bisa mempercepat kematian.

Maka dari itu, sebagai rasa syukur kita kepada Tuhan YME, kita sudah sepatutnya melaksanakan gaya hidup yang baik. Karena hal itu merupakan salah satu cara kita bersyukur atas segala nikmat Tuhan.
5 Kebiasaan Sepele ini Bisa Bikin Cepat Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top