Sabtu, 14 Februari 2015

Resep Membuat Sayur Becek Iga Daging Maknyuss

Sayur becek? Apaan tuh? Dari namanya mungkin kurang mengundang selera makan. Tapi jangan salah, don't judge rasanya dari namanya, aduh maaf ya bahasanya belepotan, inggris campur indo ya gini, bahasa blesteran :D. Oke Back to becek nggak ada ojek. Sayur becek ini sangat terkenal di Purwodadi, Grobogan-Jateng. Sayur ini menjadi ikon kuliner Purwodadi setelah swikee. Kalau di Jakarta, sayur becek ini hampir mirip dengan sop iga sapi. Nah, sudah ada gambaran kan tentang sayur becek?

Ibuku selalu juara kalau masak sayur becek ini. Rasanya pas banget dengan seleraku, pedas, gurih dan empuk pula dagingnya. Meskipun sayur ini disimpan dan besoknya dipanasin, aku tetap suka ama sayur becek ibuku ini. Kalau kamu juga suka dengan cita rasa yang pedas, gurih, kamu bisa membuat sayur becek sesuai resep ibuku. Dijamin maknyuss dah.
resep sayur becek terenak di indonesia
sayur becek khas Purwodadi. Resep maknyuss dari ibuku.
resep sayur becek khas purwodadi
Tekstur daging sapi yang empuk, dipadu dengan kuah sayur becek yang menggoda selera.
Dijamin lidah bergoyang
Resep Sayur Becek Enak :
Bumbu :
  1. Daging sapi 3/4 kg
  2. Daun kedondong secukupnya
  3. Bawang putih 5 siung
  4. Bawang merah 8 siung
  5. Cabai 1 ons
  6. 2 lembar daun salam
  7. 1 ibu jari lengkuas
  8. Garam secukupnya
  9. Gula secukupnya
Cara membuat :
  1. Rebus daging sapi dengan 2 liter air sampai daging empuk (kurang lebih 2 jam).
  2. Sembari menunggu air mendidih, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai.
  3. Setelah bawang merah, bawang putih dan cabai jadi halus, masukkan ke dalam rebusan daging sapi tadi bersamaan bumbu-bumbu yang lainnya di atas.
  4. Setelah kurang lebih 2 jam atau sampai air rebusan menjadi 1 liter, matikan api dan sayur becek daging enak pun siap dihidangkan.
Ada juga yang menambahkan kencur sebagai bumbu beceknya. Tapi ibuku tak pernah menambahkannya ketika masak sayur becek, karena memang aku nggak suka kencur. Jadi kalau ada yang suka kencur, silakan ditambahkan secukupnya, karena rempah-rempah ini selain menyedapkan rasa juga bermanfaat bagi kesehatan. Baca juga : Jenis makanan ini bisa membuatnya jadi cepat tua

Trus ada juga yang bilang kalau sayur becek itu identik dengan tulang sapi yang sedikit dagingnya, sehingga para penikmat bisa mensruput tulang-tulang tersebut, di sinilah letak kenikmatan sayur becek. Tapi kalau menurut aku sih, mau tulang dengan sedikit daging, atau full daging, semuanya enak untuk sayur becek :D, asal bumbumnya pas aja.

Gimana? Mudah kan membuat sayur becek? Selamat mencoba resep sayur becek enak di atas. Semoga bermanfaat. Baca juga : Cara mudah menghilangkan bau mulut karena bawang
Resep Membuat Sayur Becek Iga Daging Maknyuss Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top