Jumat, 20 Februari 2015

Tanda-tanda Lengkap Jika Seseorang Berbohong Padamu

Meskipun termasuk perbuatan yang tidak terpuji, melakukan kebohongan tetap saja dilakukan oleh beberapa orang. Berbagai motif dijadikan alasan klise untuk memutarbalikkan fakta. Yah, meskipun tak menampik, saya tentu pernah bohong di dalam hidup ini, meski dengan alasan untuk kebaikan :D Menilai seseorang bohong atau tidak, sebenarnya cukup mudah. Tanda-tandanya bisa dilihat dari gerak-gerik anggota tubuhnya, mulai dari mata, kepala, tangan, kaki, dsb.

Bahkan Dr. Leanne, seorang psikolog forensik di Haas Scool of Business University of California, mengungkapkan jika naluri kita untuk menilai seseorang itu berbohong atau tidak sebenarnya cukup kuat, tapi pikiran kita terkadang sering tak sadar akan hal tersebut.
ilustrasi pembohong, hidung panjang seperti pinokio / Foto : stringchange.deviantart.com
Tanda-tanda seseorang sedang berbohong :
  1. Mereka menatapmu tanpa banyak berkedip. Ketika seseorang sedang berbohong, hal seperti itu umum terjadi sebagai usaha untuk mengontrol dan mengelabuhimu. Ketika seseorang mengatakan yang sebenarnya, umumnya mereka akan menggeser mata mereka di sekitar dan bahkan berpaling dari waktu ke waktu, dan hal tersebut hanya dilakukannya sesekali saja. Tapi bagi pembohong sikapnya bisa jadi sangat dingin, tatapan tajam tatapannya tajam, berusaha mengintimidasi dan mengontrol. Namun kamu juga perlu berhati-hati dengan orang yang suka berkedip dengan cepat.
  2. Menyeret kaki. Menyeret kaki merupakan sinyal tak langsung yang memberitahu bahwa pembohong tidak nyaman dan gugup. Hal tersebut juga menunjukkan jika mereka ingin meninggalkan situasi, mereka ingin pergi jauh.


  3. Menyentuh atau menutup mulut. Tanda orang sedang berbohong adalah diletakkannya tangan mereka di atas mulut. Hal ini terjadi secara otomatis ketika mereka tidak mau berurusan dengan masalah atau menjawab pertanyaan. Baca : Cara mudah menghilangkan bau mulut karena bawang
  4. Mendadak Sulit Bicara. Hal itu terjadi karena sistem saraf otomatis menurunkan aliran saliva selama stres. Akibatnya, selaput lendir pun mengering. Biasanya di fase ini, mereka jika ditanya hanya menjawab 'a e a e hmmmm, anu, itu', lebih banyak bergumam nggak jelas.  Tanda-tanda lain yang juga perlu diperhatikan adalah menggigit bibir tiba-tiba atau bibir menjadi mengerucut.
  5. Menutup bagian tubuh yang rentan. Hal ini terjadi secara naluriah. Bagian tubuh yang biasanya ditutupi adalah tenggerokan, dada atau perut. Baca : Makanan ini membakar lemak perut lebih cepat
  6. Menyebut kata-kata atau kalimat secara berulang-ulang. Kamu pasti sering mendengar orang yang berbohong mengucapkan kata-kata seperti 'bukan saya ....bukan saya....aku tidak....aku tidak...'. Hal tersebut biasanya terjadi karena orang yang sedang berbohong berusaha meyakinkanmu dan diri mereka sendiri. Pengulangan seperti itu juga merupakan cara mereka untuk mengumpulkan pikiran mereka.
  7. Tarikan nafas yang berubah. Orang yang berbohong nafasnya akan berubah menjadi berat. Hal itu adalah tindakan refleks. Ketika nafas mereka berubah, suara mereka bisa jadi dangkal. Akibatnya kata yang diucapkannya terputus-putus, mereka tegang dan berbicara terbata-bata.
  8. Memberikan terlalu banyak informasi. Ketika berbohong, orang bisa saja memberikan terlalu banyak informasi. Mereka memberikan banyak informasi secara rinci, dimana informasi itu sebenarnya tidak kita minta. Hal itu merupakan harapan dari pembohong agar orang lain percaya dengan semua keterbukaan mereka.
  9. Berdiri Diam. Ketika sedang berbicara normal, adalah wajar jika kita menggerakkan tubuh secara halus, santai dan gerakannya sadar. Tapi jika kamu mengamati adanya kekakuan sikap saat berbicara dengan orang lain, itu berarti ada sesuatu yang ganjil. Salah satunya adalah kebohongan.
  10. Merubah posisi kepala dengan cepat. Jika kamu melihat seseorang tiba-tiba membuat gerakan kepala ketika kamu memberinya mereka pertanyaan langsung, bisa jadi mereka sedang berbohong kepadamu tentang sesuatu.
Itulah cara mudah dan lengkap untuk mengatahui apakah seseorang sedang berbohong atau tidak. Buat yang punya pacar, suami, istri, karyawan atau siapa saja yang butuh cara mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak, cobalah cara-cara sederhana di atas. Daripada repot mendatangkan alat pendeteksi kebohongan ;)

Semoga bermanfaat :)
Tanda-tanda Lengkap Jika Seseorang Berbohong Padamu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top