Kamis, 22 Januari 2015

Gangguan Kesehatan yang Timbul jika Kurang Minum Air Putih

Air putih sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Khasitnya bisa memperlancar metabolisme tubuh, sehingga tubuh pun jadi sehat. Tak hanya untuk kesehatan, air putih pun bermanfaat bagi kecantikan, karena dapat melembabkan kulit. Hingga tak heran jika kini banyak sekali ditemui terapi air putih untuk kesehatan. 

Karena manfaatnya yang begitu besar, kita harus memastikan jika air minum yang kita konsumsi sehari-hari merupakan air minum yang baik. Jangan sampai mendapatkan air minum yang tidak berkualitas, apalagi sampai kekurangan minum air. Karena akibatnya bisa sangat fatal bagi kesehatan.

manfaat air untuk kecantikan kulit, minuman sehat dan manfaatnya, tips untuk sehat dengan air putih, cara menjaga kesehatan badan manusia dengan air putih
anak kecil minum air putih / parentdish.co.uk
Beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul jika kurang konsumsi air putih :
  1. Masalah Pencernaan. Gangguan sistem pencernaan bisa menyerang jika kita kurang konsumsi air putih. Salah satu bentuknya adalah konstipasi atau yang sering dikenal dengan sembelit. Air diperlukan tubuh untuk mengolah makanan yang masuk dan mengeluarkan makanan yang tak dapat dicerna. Kekurangan air bisa memicu penumpukan racun dalam tubuh dan sembelit. Masalah kesehatan lain yang juga berpotensi muncul adalah kembung, sakit perut, mual, dan kehilangan nafsu makan.

  2. Infeksi Saluran Kemih. Ini lebih bahaya lagi dari sembelit. Diantara gejala infeksi saluran kemih seperti sensasi terbakar saat buang air kecil, sakit punggung, urine berwarna gelap dan keruh, atau mengandung darah.

  3. Penambahan Berat Badan. Terkadang orang seringkali salah menerjemahkan rasa haus atau lapar. Sehingga banyak yang membuat mereka makan lebih banyak, dan akibatnya berat badan pun bertamabah. Padahal sebetulnya dia hanya kehausan. Sebelum itu terjadi, penuhilah kebutuhan cairan tubuh, agar metabolisme tubuh bekerja secara optimal dan berat badan pun dapat dikontrol dengan baik.

  4. Kram Otot. Kram bisa terjadi ketika kontraksi otot tak mendapatkan cukup air dan sodium di sekitarnya. Sehingga otot menjadi lebih sensitif dan mudah kram. Baca juga : Kesalahan ini sering kita lakukan setelah olahraga

  5. Kehilangan Garam dan Cairan Tubuh. "Emang apa fungsi garam dalam tubuh?" Jika kita kehilangan garam, tubuh tak bisa berfungsi dengan baik. Kekurangan garam dan cairan bisa menyebabkan beberapa masalah seperti mulut kering, mata kering, dan masalah fatal lainnya.

  6. Kelelahan. Kekurangan air bisa memicu rasa lelah. Hal ini terjadi karena jaringan dan sel dalam tubuh tak memiliki cukup cairan, kondisi ini membuat kegiatan enzim menjadi lambat, dan mencegah tubuh memproduksi energi.

  7. Hipertensi. Hipertensi atau yang umum dikenal dengan tekanan darah tinggi mudah menyerang orang yang kekurang cairan tubuh. Ketika sel tubuh kekurangan air, tubuh akan memberikan sinyal pada otak untuk mengeluarkan zat kimia bernama vasopressin. Vasopressin menyebabkan pembuluh darah jadi menyempit sehingg memicu tekanan darah tinggi. 
Betapa pentingnya manfaat minum air putih bagi tubuh, setelah membaca artikel kesehatan di atas tentu kita akan semakin sadar untuk memenuhi kebutuhan minum air untuk kesehatan bukan? Seperti yang disarankan oleh para pakar kesehatan, konsumsi air putih setidaknya 8 gelas perhari :)
Gangguan Kesehatan yang Timbul jika Kurang Minum Air Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top