Kamis, 04 Desember 2014

Ingin Panjang Umur? Lakukan Hal ini Setiap Hari

Semua orang pasti ingin memiliki umur yang panjang, tubuh sehat dan selalu bahagia. Terlebih bila melihat orang tua di Jepang yang di usia senjanya, mereka masih terlihat segar bugar. Gaya hidup sehat orang Jepang sering menjadi panutan untuk mendapatkan cara hidup sehat yang baik. Salah satu gaya hidup sehat Jepang adalah seringnya mereka dalam mengonsumsi ikan laut. Namun baru-baru ini peneliti mengungkap salah satu cara baru yang diklaim bisa membuat orang panjang umur. Cara itu disebut dengan diet mediterania.

Diet mediterania adalah salah satu jenis pola makan yang cukup terkenal dan telah diterapkan oleh banyak orang. Menjalani diet mediterania diketahui bisa membuat orang lebih panjang umur. Hal itu terungkap berdasarkan sebuah penelitian terbaru di Brigham and Women's Hospital di Boston serta Harvard Medical School.
panjang umur, kue ulang tahun, kue 100 tahun
ilustrasi umur panjang / discovertheodds.com

Cara Diet Mediterania

Diet mediterania dilakukan dengan cara membatasi konsumsi daging, lemak jenuh, dan produk susu serta lebih banyak mengonsumsi sayuran, buah, kacang, biji-bijian, gandum, ikan, serta minyak zaitun.

Baca juga :
  1. Diet unik Enno Lerian, Lemak Dibekukan
  2. 5 Cara Mudah Mengeluarkan Racun dalam Tubuh Setiap Hari

Selama ini diet mediterania lebih sering dilakukan untuk menjaga berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Diet mediterania makin bertambah manfaatnya ketika peneliti menemukan bahwa diet mediterania juga bisa memperpanjang umur.

Seperti dilansir oleh CNN (03/12), Profesor Immaculata De Vivo memimpin penelitian ini. Penelitian dilakukan dengan mengamati data dari 4.676 wanita berusia setengah baya yang terlibat dalam Nurses Health Study sejak tahun 1976. Penelitian ini menemukan bahwa wanita yang menjalani diet mediterania memiliki telomere yang lebih panjang.

Telomere adalah bagian kromosom yang menjadi 'rumah' bagi DNA. Seiring pertambahan usia manusia, secara alami telomere akan memendek dan membuat harapan hidup semakin kecil. Beberapa penyakit seperti kanker dan lever, akan mempercepat pemendekan telomere. Begitu juga dengan kebiasaan buruk seperti minum-minuman keras dan merokok.

Lalu, bagaimana diet mediterania bisa melindungi telomere? Menurut peneliti, komponen yang terdapat pada diet mediterania seperti sayuran, buah, minyak zaitun, dan kacang mengandung antioksidan yang bisa menangkal peradangan serta menjaga kesehatan tubuh.

Setelah ini peneliti akan melakukan pengamatan untuk mengetahui komponen apa yang memiliki efek lebih besar yang dapat memperpanjang umur pada diet mediterania ini. Menurut peneliti, meski pengamatan ini dilakukan pada wanita, hasil ini juga berlaku untuk pria.

Demikianlah tips hidup sehat dan panjang umur dengan diet mediterania. Selain menjalani hidup sehat di atas, untuk panjang umur, tentu kita juga harus berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa.
Ingin Panjang Umur? Lakukan Hal ini Setiap Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top