Jumat, 19 Desember 2014

Aktivitas Saat Liburan Bisa Menimbulkan Penyakit Ini

Melakukan aktivitas khusus di hari libur atau akhir pekan adalah suatu gaya hidup yang sangat lumrah dilakukan banyak orang. Setelah penat bekerja atau sekolah selama 6 hari berturut-turut, menekuni hobi atau sekedar bermalas-malasan adalah pelampiasan adil yang harus dikerjakan.

Namun siapa sangka, ternyata bermalas-malasan di akhir pekan mampu menimbulkan serangkaian penyakit berbahaya? Berikut ini beberapa penyakit yang bisa saja menyerangmu di akhir pekan.
ilustrasi sakit saat liburan
  1. Migrain. Di akhir pekan, migrain bisa lebih agresif mengintaimu. Hal ini terjadi karena perubahan ritme keseharian yang mendadak. Terlebih buat kamu yang mengisi akhir pekannya hanya dengan bermalas-malasan saja, sehingga waktu tidur dan makan jadi tak seperti biasa. Menurut Dr Andy Dowson, direktur layanan sakit kepala di Rumah Sakit King College, London. "Ada suatu bagian di otak yang disebut dengan hipotalamus. Bagian ini sangat sensitif terhadap perubahan ritme tubuh. Sehingga Anda pun bisa pusing".

  2. Sembelit. Sembelit atau susah buang air besar akan mudah menghinggapi kamu yang di akhir pekan hanya bermalas-malasan dengan menonton tv atau film di DVD saja. Aktivitas berdiam diri ini mudah membuatmu sembelit. Berbeda dengan hari biasa yang pastinya kamu banyak aktivitas, seperti berjalan, naik lift, makan siang, dsb. Maka, jika ingin terhindar sembelit saat liburan, konsumsilah banyak sayuran agar metabolisme tubuh lancar. Dan sempatkanlah untuk begerak sesekali, jangan diam terus.

  3. Asam lambung naik. Selain sembelit, jika kamu banyak duduk berdiam diri saja, asam lambungmu akan mudah naik. Hal ini terjadi karena kamu memberikan tekanan pada perut dan memaksa asam lambung naik hingga ke tenggorokan. Selain itu, naiknya asam lambung juga dipicu oleh jadwal makan yang tidak teratur. 
Nah, itulah beberapa penyakit yang mengintaimu di akhir pekan atau saat liburan tiba. Tetap jaga kesehatan di akhir pekan, karena tentu kamu tak ingin melewatkan akhir pekanmu dengan kesehatan yang buruk bukan? Dan juga sebagai persiapan untuk menghadapi hari-hari berikutnya. :)
Aktivitas Saat Liburan Bisa Menimbulkan Penyakit Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top