Kamis, 27 November 2014

Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu

Tak terbantahkan lagi jika penggunaan smartphone di Indonesia mengalami peningkatan, karena memang kebutuhan masyarakat akan ponsel cerdas semakin tinggi, meskipun itu hanya untuk sekedar selfie. Para vendor juga sangat getol sekali meluncurkan produk terbaru mereka demi memuaskan animo masyarakat yang begitu besar terhadap perkembangan teknologi smartphone

Tentu kita sudah mengenal beberapa vendor besar smartphone seperti sony, blackberry, samsung, oppo, dan sebagainya. Ketenaran vendor tersebut terkadang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengambil keuntungan yang besar, yaitu dengan membuat produk palsu tiruannya.
ilustrasi membedakan smartphone asli dan palsu / harianpos.com
Mereka menjual produk smartphone tiruan ke masyarakat dengan harga yang lebih murah. Dengan begitu banyak sekali orang-orang yang tergiur untuk membelinya. Yang namanya produk tiruan, kualitasnya pasti tidak sebaik produk asli. Untuk itu kita perlu mengantisipasinya dengan mengetahui mana produk smartphone asli, mana yang palsu.

Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu :

  1. Periksa bentuk, warna, desain. Produk asli akan memiliki bentuk, desain, dan warna yang lebih elegan dan jelas lebih bagus dari produk tiruannya. Hal ini bisa terlihat secara kasat mata. Bahan yang diapai untuk smartphone produk palsu biasanya seadanya, sehingga terlihat kasar. Baca juga : Lihat cara Samsung 'menyiksa' Produk terbarunya.
  2. Lihat spesifikasinya. Lihat kapasitas RAM dan ROM nya. Smartphone asli memiliki kapasitas RAM dan ROM yang jelas lebih besar dari yang palsu. Pada smartphone palsu, RAM nya hanya sekitar 512MB saja. Selain itu, umumnya smartphone yang asli bisa berjalan di jaringan minimal GSM 850/900/1800/1900 dan 3G HSDPA 800/900/1900/2100, namun, untuk smartphone palsu tidak mampu berjalan di jaringan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa membedakan dari spesifikasi processornya.  

  3. Melihat data Exif. Exif merupakan singkatan dari Exchangeable Image Format. Ini semacam data pada sebuah hasil foto. Untuk mengetahui smartphone itu asli atau enggak, kamu coba jepret objek dengan kamera pada smartphone tersebut. Setelah itu kamu pindahkan hasil jepretan tadi ke laptop / komputer. Kemudian kamu klik kanan hasilnya, dan pilih properties. Di situ akan terlihat data exifnya, terutama merk smartphone yang digunakan untuk mengambil foto tersebut.
  4. Lihat Performa. Biasanya pengoperasian smartphone palsu akan lebih lambat (lemot) dibanding dengan smartphone asli. Terlebih jika kita mengakses banyak fitur secara bersamaan, bisa dipastikan akan terjadi hang (macet). Hal itu dikarenakan kapasitas RAM pada smartphone palsu yang sangat kecil. Baca juga : Main game fruit ninja pakai pisau asli di Sony Xperia Z3.
  5. Lihat NFC Connector. Bagaimana cara melihat NFC connector? Lepas baterai smartphone, maka akan terlihat jalur timah kuning, nah itulah yang dinakaman NFC connector. Pada smartphone asli, NFC connectornya akan terlihat sedikit saja, karena ada semacam pelindungnya. Sedangkan pada perangkat palsu, NFC connector itu terlihat sangat jelas. 
Nah, itulah beberapa cara membedakan smartphone palsu dengan yang asli. Silakan dipakai cara-cara di atas, agar kamu tidak tertipu saat membeli smartphone.
Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top