Senin, 20 Oktober 2014

Batasi Penggunaan Smartphone Pada Anak, Gunakan Aplikasi Kakatu

Penggunaan smartphone android di zaman sekarang ini sudah sangat majemuk, tak hanya orang dewasa, anak-anak SD bahkan TK pun sudah banyak yang bermain games dan berinternetan secara bebas menggunakan smartphone orang tuanya. Bahkan sering kita temui orang tua yang memang membelikan smartphone untuk anaknya yang masih SD bahkan TK. Tidak sepenuhnya salah memberikan pendidikan teknologi sedari dini kepada anak, namun sebagai orang tua tentu kita juga harus waspada dengan kebebasan ini, salah alamat bisa-bisa anak melihat atau memainkan games yang bukan ditujukan untuk mereka. Untuk mencegah hal tersebut, anda bisa mencoba aplikasi Kakatu.
aplikasi Kakatu / kakatu.web.id
Aplikasi berbasis android ini launching di Google Play pada 22 September 2014. Sebenarnya saya tidak ada kaitannya dengan Kakatu. Saya hanya ikut berbangga dengan aplikasi buatan anak bangsa ini. Dengan Kakatu, para orang tua bisa membatasi dan mengontrol aplikasi apa saja yang digunakan oleh anak. 
Aplikasi parental control pertama di Indonesia ini mempunyai fungsi mengawasi penggunaan smartphone pada anak yang meliputi :
  1. Pembatasan Aplikasi. Orang tua dapat membatasi aplikasi mana saja yang boleh diakses oleh anak dengan hanya meng-klik setiap aplikasi tersebut pada pengaturan aplikasi di Kakatu.

  2. Statistik Aplikasi. Orang tua dapat mengetahui statistik penggunaan handphone anak setiap harinya, berapa lama mereka mengakses aplikasi atau games, atau apa saja aplikasi yang sudah di akses anak.

  3. Kontak Telepon Terdekat. Dengan fitur ini anak dapat dengan mudah menghubungi keluarga terdekat dengan lebih cepat.

  4. Timer. Orang tua dapat mengatur lama penggunaan smartphone anak setiap saat. 

  5. Scheduler. Pengaturan aplikasi yang boleh diakses anak akan berubah secara otomatis sesuai dengan jadwal pemakaian yang telah diatur sebelumnya tanpa orang tua harus mengatur berulang kali.

  6. Multiple User. Satu smartphone dapat digunakan untuk beberapa anak dengan pengaturan aplikasi yang berbeda-beda.

  7. Rekomendasi Aplikasi. Kakatu dapat memberikan rekomendasi aplikasi yang aman untuk diakses anak. 
Cara penggunaan aplikasi Kakatu yaitu dengan melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan mengisi data yang tersedia dan membuat password. Jika sudah, anda bisa masuk aplikasi dan menentukan fitur apa saja yang bisa digunakan anak dan mengunci aplikasi yang tak layak untuk anak.

Aplikasi Kakatu bisa anda dapatkan secara gratis dengan menuju link ini.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Kakatu, aplikasi parental control pertama di Indonesia, semoga ada manfaatnya buat anda :)
Batasi Penggunaan Smartphone Pada Anak, Gunakan Aplikasi Kakatu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top