Sabtu, 06 September 2014

Cara Ampuh dan Mudah Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Saat sakit kepala menyerang, obat apa yang kamu cari? aspirin, ibuprofen, parasetamol? atau seperti yang diiklankan di tv, semacam bodrex, oskadon, poldanmig, paramex? Seperti yang kita ketahui, obat-obatan seringkali menimbulkan efek samping bagi yang mengkonsumsinya. Ketika kamu ingin lepas dari obat sakit kepala tersebut, yang terjadi malah pusing semakin menjadi-jadi. Kenapa tak mencoba cara ini? Caranya mudah, sederhana, alami, nggak ribet, dan yang pasti tanpa obat. Berikut ini cara meredakan sakit kepala tanpa obat.

Cara Lengkap Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat :
  1. Air Putih. Selain lapar dan kegiatan fisik yang terlalu keras, penyebab lain sakit kepala adalah kekurangan cairan (dehidrasi). Terkadang, tubuh kita kadang terlambat memberikan tanda ketika sedang kekurangan cairan. Karenanya, jika sakit kepala yang kamu rasakan disebabkan oleh dehidrasi, salah satu cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan minum banyak air. Setidaknya minumlah 8-12 gelas air putih untuk mencegah dehidrasi.

    ilustrasi sakit kepala / fitnessandhealthadvisor.com

  2. Pijat. Untuk meredakan sakit kepala dengan pijat, kamu bisa mulai memijat pelipis dengan ringan dalam gerakan memutar. Lalu bergerak ke dahi dan ke lubang telinga. Tekan bagian telinga dengan lembut, kemudian turun ke bagian leher dan pundak. Kemudian tekan dengan lembut bagian jembatan hidung. Dan sebagai penutup tekan juga kulit pada bagian antara telunjuk dan ibu jari. Ulangi beberapa kali sampai sakit kepala kamu reda.

  3. Kayu Manis. Suhu yang dingin juga bisa menjadi penyebab sakit kepala. Jika itu yang anda alami, gunakanlah pasta kayu manis dan air untuk meredakan sakit kepala. Gunakan pasta kayu manis pada dahi dan pelipis, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan kayu manis sampai bersih.

  4. Stretching. Adalah gerakan-gerakan untuk meregangkan otot dan tubuh kita. Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh tegangnya otot-otot. Cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan stretching ketika sakit kepala melanda. Bila perlu lakukanlah senam dan yoga.

  5. Pisang. Buat kamu yang sering sakit kepala terutama sakit kepala sebelah (migrain), saatnya kamu musti bersahabat dengan buah pisang, karena pisang mengandung magnesium yang dapat membantu meredakan migrain. Selain itu pisang juga kaya akan potasium yang sangat bagus untuk tubuh, diantaranya mengontrol detak jantung, fungsi otak, memelihara keseimbangan cairan, serta meredakan sakit pada otot karena olahraga.

  6. Tidur Teratur. Sudah menjadi kodratnya jika manusia hidup itu harus tidur. Tidur teratur juga bisa menghilangkan stres. Tapi jangan sampai kebanyakan tidur yach, karena itu juga nggak baik untuk kesehatan. Waktu tidur ideal manusia adalah antara 7-8 jam. Baca juga : Inilah akibatnya jika terlalu banyak tidur.
Demikianlah cara-cara meredakan sakit kepala tanpa obat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)
Cara Ampuh dan Mudah Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top