Jumat, 05 September 2014

Inilah Manfaat Mengagumkan Dari Tidur Siang

Sebagian orang menganggap tidur siang adalah pekerjaan orang-orang malas saja. Bahkan ada sebagian mitos yang melarang ibu hamil untuk tidur siang. Namun, tahukah kamu jika orang-orang hebat seperti Napoleon Bonaparte (jenderal besar panglima perang Perancis), Winston Churchill (tokoh politik dan pengarang Inggris), John F Kennedy (presiden Amerika Serikat ke-35), dan Albert Einstein (ilmuwan fisika teoretis peraih nobel) memiliki kesamaan dalam beberapa hal, salah satunya adalah rutinitas tidur siang. Sepertinya mereka telah mengetahui manfaat tidur siang untuk tubuh dan otak. Apa saja manfaat tidur siang?

Manfaat Luar Biasa Tidur Siang :
  1. Membantu Mengatasi Stres. Mungkin inilah salah satu manfaat tidur siang yang sering kamu dengar. Stres dapat diredakan dengan tidur siang. Saat tidur siang, otot, otak dan tubuh kita akan lebih tenang, rileks sehingga tidak tegang. Stres dipicu oleh ketegangan berlebihan yang terjadi di otak. Baca juga : Minuman ini membantu meredakan stres yang kamu alami
    kegunaan tidur siang saat kerja
    ilustrasi gambar tidur siang di saat kerja / xfinity.comcast.net

  2. Meningkatkan Produktivitas. Siang hari merupakan saat-saat energi kita menurun, setelah segambreng aktivitas padat di pagi hari kita jalani. Tak perlu minum minuman berenergi untuk mengembalikan stamina kamu, cukup tidur siang selama 30-40 menit untuk mendapatkan energimu kembali di siang hari.

  3. Meningkatkan Kekuatan Mengingat. Fungsi dari tidur siang adalah untuk mengistirahatkan otak dan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas kita berikutnya. Setelah bangun tidur siang, otak dan tubuh kita akan fresh kembali. Hal-hal yang dipelajari sebelum tidur akan diulang sehingga lebih melekat pada ingatan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, tak harus tidur siang dalam waktu yang lama. Cukup 10-20 menit saja.

  4. Meningkatkan Kreativitas. Ketika siang hari, seringkali kita sulit untuk menemukan ide-ide kreatif untuk pekerjaan. Itu disebabkan oleh lelahnya otak. Celakanya, kita kadang malah masih memaksakannya untuk tetap berfikir keras. Sekeras apapun kita berfikir, kalau otak kita sudah capek, yang ada malah bikin stres. Kalau sudah begitu, lebih baik tidur siang saja dulu. Setelah bangun, mulailah kembali bekerja, dan kamu akan merasakan banyak ide bermunculan memenuhi otak kamu, Karena otak kamu sudah fresh dan siap untuk diajak berfikir kreatif lagi.

  5. Meningkatkan Kewaspadaan. Hal ini didasarkan pada eksperimen yang sudah dibuktikan oleh pilot NASA, bahwa kewaspadaan mereka meningkat 100% setelah tidur siang. Selain itu, fakta menyebutkan jika semua hewan pemburu melakukan tidur di siang hari. Seperti yang kita tahu, hewan pemburu membutuhkan kewaspadaan, fokus, dan tubuh yang bugar untuk menangkap mangsa mereka. 
Itulah beberapa manfaat menakjubkan dari tidur siang. Tak ayal sekolah-sekolah di luar negeri banyak yang menerapkan hal ini, tidur siang di sekolah. Mereka memang pulang rada sorean, tapi siangnya mereka mendapat jatah makan dan tidur siang di sekolah. Bagaimana dengan negeri kita?  

Tidur siang memang bagus, paling lama cukup 1 jam saja, karena jika terlalu banyak, bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Tak percaya? Silakan baca : Inilah akibatnya jika terlalu banyak tidur.
Inilah Manfaat Mengagumkan Dari Tidur Siang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top