Kamis, 25 September 2014

6 Amalan Ini Setara Dengan Pahala Haji

Di musim haji 2014 ini, sebagian besar umat islam yang belum berhaji pasti 'iri' melihat mereka yang dapat menunaikan ibadah haji di tahun ini. Pahala muslim dan muslimah yang menunaikan ibadah haji memang luar biasa. Terlebih, rukun islam kelima ini membutuhkan persiapan yang matang, baik fisik maupun mental. Karenanya, bukan sembarang umat islam yang akhirnya bisa pergi haji. Buat mereka yang mampu, tentulah sangat mudah. Namun, bagi mereka yang belum mampu atau tidak mampu, tentu hal ini sangatlah sulit, kecuali haji gratis. Tapi tak usah khawatir, sebab Allah juga memberikan beberapa amalan yang jika kita lakukan, pahalanya justru bisa sebesar pahala haji.

ibadah haji / www.indonetwork.co.id
Amalan yang pahalanya setara dengan pahala haji :
  1. Keluar Rumah Untuk Sholat Fardhu di Masjid (Mushola) Dalam Kondisi Bersuci. Dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda, "Sesiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk menunaikan sholat fardhu, pahalanya seperti pahala haji orang berihram." (HR. Abu Daud).

  2. Sholat Berjamaah di Masjid (mushola) Kemudian Duduk Berdzikir Sampai Matahari Terbit Lalu Sholat 2 Rakaat. Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Sesiapa sholat subuh berjamaah lalu berdzikir (mengingat) Allah sampai terbit matahari kemudian sholat 2 rakaat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna." (HR. Tirmidzi).

    Dalam hadist lain, dari Abu Umamah dan 'Utbah bin 'Abd, Rasulullah bersabda, "Sesiapa sholat subuh dalam sebuah masjid secara berjama'ah lalu tinggal di dalamnya hingga ia sholat dhuha, maka ia mendapatkan pahala seperti pahalanya orang haji dan umroh, yang sempurna haji dan umrohnya."

  3. Mempelajari atau Mengajarkan Kebaikan di Masjid. Dari Abu Umamah, Nabi SAW bersabda, "Sesiapa pergi ke masjid, dia tidak menginginkan kecuali mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala seperti pahala orang haji yang sempurna hajinya."

  4. Melaksanakan Sholat Fardhu Berjamaah dan Sholat Dhuha di Masjid. Dari Abu Umamah, Rasulullah bersabda, "Sesiapa berjalan menuju berjamaah sholat wajib, maka dia seperti berhaji. Dan sesiapa berjalan menuju sholat tathawwu' (sunnah) maka dia seperti berumroh yang nafilah (istilah lain sunnah)."
    Dalam hadist lainnya, Rasulullah bersabda, "Sesiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan sudah bersuci untuk sholat fardhu maka pahalanya seperti pahala orang haji yang berihram, dan barangsiapa keluar sholat dhuha dia tidak bermaksud kecuali itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumroh. Dan sholat sesudah sholat yang tidak ada perbuatan sia-sia di antara keduanya ditulis di kitab 'Illiyyin'." (HR. Abu Daud)

  5. Umroh di Bulan Ramadhan. Nabi SAW bersabda, "Umroh pada bulan ramadhan itu bagaikan haji bersamaku." Dalam satu riwayat, Rasulullah SAW bersabda kepada seorang wanita anshar, "Apa yang menghalangimu untuk ikut berhaji bersama kami?" Ia menjawab, "Kami tidak memiliki kendaraan kecuali dua ekor unta yang dipakai untuk mengairi tanaman. Bapak dan anaknya berangkat haji dengan satu ekor unta dan meninggalkan satu ekor lagi untuk kami yang digunakan untuk mengairi tanaman." Nabi SAW bersabda, "Apabila datang ramadhan, berumrohlah. Karena sesungguhnya umroh di dalamnya menyamai ibadah haji." (Lihat Shahih: Shahih At-Targhib, 1117).

  6. Mengurus Keluarha yang Ditinggalkan Pergi Haji dan Memberi Makan Orang yang Berbuka Puasa. Nabi SAW bersabda, "Sesiapa yang menyiapkan bekala untuk orang yang akan berjihad, ibadah haji, mencukupi keluarga yang ditinggalkan atau memberi makan orang yang berbuka puasa, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala mereka tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun." (Lihat Shahih:Shahih At-Targhib, 1078)
Demikianlah beberapa amalan yang pahalanya setara dengan pahala haji. Apabila saat ini belum bisa pergi haji, cobalah untuk merutinkan amalan di atas, sambil berniat untuk segera dimampukan pergi haji. Baca juga : Inilah Golongan yang Didoakan Oleh Malaikat
6 Amalan Ini Setara Dengan Pahala Haji Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top