Kamis, 14 Agustus 2014

Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan

Penelitian ini telah lama dilakukan oleh para pakar kesehatan. Mungkin sebagian besar dari kita belum mengetahui info bahaya radiasi ponsel untuk kesehatan, terlebih smartphone yang sekarang ini gencar dipromosikan. Dampak radiasi ponsel bagi manusia bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit, seperti tumor, kanker, gangguan emosional pada anak, ibu hamil. Melihat begitu bahayanya efek radiasi ponsel bagi kesehatan, apakah kita lantas harus lepas total dari penggunaan handphone? Menurut saya, meskipun ada perintah untuk lepas total dari ponsel, kamu pasti akan tetap curi-curi kesempatan untuk menggunakannya, karena memang ponsel sudah menjadi bagian terpenting hidup kita sebagai alat komunikasi modern. Untuk itu, saya akan membagikan tips agar kita bisa mengurangi efek radiasi ponsel, sehingga kita bisa meminimalisir bahayanya.

Tips mengurangi bahaya radiasi ponsel bagi kesehatan :

  1. Gunakan alat bantu ponsel ketika menelpon. Alat bantu ponsel yang saya maksud di sini adalah headset, handsfree, earphone. Hal ini dimaksudkan agar ketika kita menelpon, ada jarak antara radiasi ponsel dengan otak yang berdekatan dengan telinga. Lebih baik gunakan handsfree yang wireless (tanpa kabel). Selain itu juga bisa mensetting ponsel ke mode loud speaker ketika menelpon. Semakin jauh jarak ponsel dengan kepala kita, semakin bagus.

    cewek cantik menelpon smartphone
    efek radiasi elektromagnetik ponsel. Dok : www.vivajoyhealth.com
  2. Hindari penggunaan ponsel terlalu sering. Lebih baik gunakan ponsel seperlunya saja. Batasi waktu menelpon memakai ponsel (HP). Pindah ponsel kamu dari telinga kiri ke telinga kanan ketika menelpon dengan ponsel. Jika kamu sedang berada di rumah, gunakan saja telepon rumah yang bebas radiasi gelombang elektromagnetik ketika menelpon. Jika terpaksa harus berkomunikasi dengan ponsel, gunakan saja sms.

  3. Hindari kontak langsung dengan tubuh. Biasakan menyimpan ponsel di dalam tas jika bepergian. Bisa juga ditaruh di wadah HP yang biasanya nyantol di ikat pinggang. Kalau terpaksa harus mengantonginya, sering-seringlah untuk memindahkannya dari kantong satu ke kantong lainnya. Hal ini disebabkan karena bagian lain dari tubuh menyerap radiasi pada intensitas yang berbeda.

  4. Hindari orang yang sedang menelpon. Jangan terlalu dekat dengan orang yang sedang menelpon melalui ponsel. Selain dikirain nguping, imbas radiasinya juga bisa menyerang orang yang ada di dekatnya. Baca juga : Inilah Bahaya Tidur Di dekat HP yang Aktif

  5. Pelajari dulu jenis ponsel yang akan dibeli. Beli ponsel yang memiliki RF Specific Absorption Rate atau SAR rendah di bawah 1,6 watt/kg agar radiasi yang dihasilkan tidak terlalu besar, sehingga tidak begitu memberi efek buruk pada kesehatan kita. Selain itu juga pastikan emisi radiasinya berstatus aman.

  6. Hindari ruangan sempit. Sebaiknya jangan menggunakan ponsel ketika berada di ruangan sempit seperti lift, mobil, kereta dan sebagainya. Ketika di ruangan sempit, biasanya sinyal ponsel sangat lemah. Lagi pula, menggunakan HP di mobil ketika menyetir kan sangat bahaya sekali. Keadaan ini secara otomatis akan memicu kekuatan sinyal hingga maksimum, karena ponsel berusaha terhubung ke antena relay yang baru.
Setelah mengetahui bahaya efek radiasi ponsel untuk bagi kesehatan, apakah kita akan benar-benar sadar dan lebih berhati-hati dalam menggunakan ponsel?
Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top