Minggu, 10 Agustus 2014

Inilah Daftar Makanan yang Malah Membuat Anda Lapar

Seyogyanya, memakan sebuah makanan akan membuat kita merasa kenyang, tapi tidak dengan makanan ini. Bila anda nekat mengkonsumsi makanan ini, bukannya bertambah kenyang, namun yang ada malah menjadi lapar. Seorang ahli diet yang bernama Sue Decotitis, MD pernah mengemukakan jika, "rasa lapar adalah hasil interaksi rumit yang terjadi pada perut, usus, otak, pankreas, dan aliran darah. Masalahnya, ini adalah sirkuit yang sangat mudah 'dibajak' oleh makanan yang salah,". Maka tak aneh jika ada beberapa makanan yang malah memicu kelaparan setelah kita mengkonsumsinya, makanan apa aja itu?

Makanan yang Membikin Lapar :
  1. Snack Asin. Camilan atau snack adalah makanan ringan yang gampang ditemukan dan tentunya menjadi favorit bagi sebagian besar kita. Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai macam aneka snack di alfamart atau indomaret terdekat. Kita sering sulit berhenti ketika makan snack, hal itu wajar karena camilan yang asin atau snack akan memicu rasa lapar dan tidak membuat kenyang. Snack mengandung karbohidrat sederhana yang akan meningkatkan insulin yang membuat kita menjadi lapar.

  2. Roti Tawar Putih. Sebuah penelitian di Spanyol mengungkap bahwa orang yang mengkonsumsi roti putih justru merasa lebih lapar, selain itu juga berisiko terkena obesitas hingga 40% lebih tinggi. Hasil penelitian ini didapat setelah mengamati 9.000 kebiasaan orang makan di Spanyol.

    wanita makan roti. Dok : www.pleine-vie.com

  3. Makanan Cepat Saji (Fast food). Dalam kehidupan masyarakat modern, makanan cepat saji menjadi idola bagi mereka tak mempunyai banyak waktu di dapur, terlebih para remaja dewasa ini, entah karena tergiur iklan makanan cepat saji, atau memang menjadi gaya hidup yang harus mereka coba. Makanan cepat saji dibuat bukan untuk menuntaskan rasa lapar, sebaliknya malah memicu rasa lapar yang berlebihan. Hal itu disebabkan karena kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalamnya. Lemak jenuh dalam makanan cepat saji akan menyebabkan radang pada usus dan menurunkan kemampuan tubuh untuk mengontrol nafsu makan, melalui zat kimia otak seperti dopamin dan serotonin.

  4. Sushi. Di Indonesia, Sushi sudah sangat mudah ditemui. Makanan asli Jepang ini menjadi idola tersendiri disamping makanan cepat saji lainnya. Sushi adalah salah satu jenis makanan yang cepat dicerna oleh tubuh, sehingga meningkatkan insulin dalam darah. Hal ini akan memicu rasa lapar dan bukannya membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Baca Juga : Inilah akibatnya jika kita sering begadang.

  5. Sereal. Sebagian besar sereal dibuat dengan tepung yang sama dengan roti tawar. Selain itu sereal juga mengandung banyak gula. Kadar gula yang terlalu banya dalam darah dan menyebabkan insulin menjadi tak stabil. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan gula semacam ini di pagi hari, akan merusak metabolisme. Selain itu akan menyebabkan anda merasa cepat lelah dan lapar. Jika anda memang menyukai sereal untuk sarapan di pagi hari, sebaiknya pilih sereal gandum yang banyak mengandung serat, dan sebaliknya hindari mengkonsumsi sereal yang hanya mengandung karbohidrat kosong.
Setelah mengetahui jenis makanan apa saja yang membuat kita lapar, kita bisa mengukur atau bahkan menghindari terlalu banyak memakan makanan tersebut, sehingga bisa mengurangi kelebihan berat badan yang bisa memicu berbagai macam penyakit. 
Inilah Daftar Makanan yang Malah Membuat Anda Lapar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top