Sabtu, 09 Agustus 2014

Gejala dan Penyebab Penyakit Kuning Lengkap

Penyakit kuning sama halnya dengan penyakit hepatitis. Dalam bahasa ilmiah, penyakit kuning disebut juga icterus atau jaundice (jaundis). Penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya perubahan pada warna kulit, bagian putih pada mata, dan juga kelenjar ludah. Perubahan ini disebabkan oleh meningkatnya bilirubin pada tubuh manusia. Jika kadar bilirubin dalam tubuh melebihi kapasitas normal, maka bilirubin akan memecah dan bercampur dengan darah, yang kemudian akan mempengaruhi perubahan pada warna kulit dan mata, sehingga menjadi kekuningan. Dengan mengetahui gejala penyakit kuning sedari dini, akan membantu anda untuk mengobati penyakit kuning dengan cepat. Berikut ini gejalanya.


Gejala Penyakit Kuning :

  1. Kulit dan Mata Menjadi Kuning. Gejala ini akan sulit dideteksi pada orang yang memiliki kulit agak gelap. Terkadang bagi orang yang belum begitu paham dengan penyakit kuning, perubahan warna pada mata dan kulit ini dikiranya anemia (kurang darah). Pada kulit biasanya terjadi pada kuku, tangan dan wajah.
    penderita penyakit kuning. Dok : www.en.wikipedia.org

  2. Air Kencing Menjadi Kuning. Lagi-lagi tanda ini perlu diperhatikan secara serius. Pasalnya, kuningnya air kencing ini juga terjadi pada manusia normal. Tapi jika pada orang normal, dengan meminum banyak-banyak air putih, air seni kita akan kembali berwarna bening. Jika kuningnya air seni berwarna sangat tua dan berlangsung secara terus menerus maka perlu diwaspadai gejala penyakit kuning.

  3. Demam. Peningkatan suhu tubuh atau yang lazim kita sebut dengan demam bisa terjadi pada orang yang mengidap penyakit kuning, maka dari itu, jika muncul demam disertai dengan gejala penyakit kuning yang lain, segera perika ke dokter untuk memastikan anda terkena penyakit kuning atau tidak.

  4. Nyeri Sendi. Nyeri sendi tak harus langsung bisa kita katakan sebagai gejala penyakit kuning. Tapi bila nyeri sendi itu dirasakan bersamaan dengan gejala penyakit kuning yang lain, anda perlu waspada, bisa jadi anda terkena penyakit kuning.

  5. Nyeri Perut. Tepatnya dirasakan pada sisi kanan perut, tepat di bawah tulang rusuk dan rasanya nyambung hingga ke punggung bagian atas, bisa menjadi indikasi penyakit kuning karena kerusakan sel hati atau batu empedu.

  6. Mual Mual dapat terjadi karena berbagai alasan. Tetapi, jika Anda mengalami mual ketika ada epidemi hepatitis di sekitar anda, ada baiknya anda segera konsultasi ke dokter.

Penyebab Penyakit Kuning

Telah dituliskan di atas jika penyebab penyakit kuning adalah karena meningkatnya kadang bilirubin dalam tubuh hingga mencapai 2-3 mg/dL. Secara detailnya, bagaimana bilirubin itu bisa memicu penyakit kuning adalah sebagai berikut :

Tugas empedu adalah untuk membuang sel darah merah yang sudah rusak dari aliran darah. Selama proses pembuangan ini berlangsung, hemoglobin (bagian dari sel darah merah yang mengangkut oksigen) dipecah menjadi bilirubin.

Bilirubin dibawa ke dalam hati dan dibuang ke dalam usus sebagai bagian dari empedu. Jika proses pembuangan ini terganggu, bilirubin yang berlebihan akan masuk ke dalam aliran darah, dan menyebabkan penyakit kuning. Baca juga : Cara mengobati penyakit kuning secara alami

Pengobatan Penyakit Kuning

Jika penyebabnya adalah penyakit hati (misalnya hepatitis virus), biasanya penyakit kuning akan menghilang sejalan dengan perbaikan penyakitnya. Namun jika penyebabnya adalah penyumbatan pada saluran empedu, biasanya dilakukan pembedahan untuk membuka saluran yang tersumbat.
Gejala dan Penyebab Penyakit Kuning Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top