Selasa, 26 Agustus 2014

Inilah Jenis Makanan Berlemak Yang Harus Sering Dikonsumsi

Membaca makanan berlemak, pasti pikiran kita terbayang tentang makanan berbahaya dengan kandungan kolesterol tinggi yang tidak aman untuk kesehatan jantung, terlebih bagi orang yang sedang diet ketat dengan daftar menu yang sangat diperhatikan nilai gizinya. Tapi, tahukah kamu jika tak semua jenis lemak sebenarnya buruk bagi kesehatan? Ada jenis lemak yang justru baik dan harus sering dikonsumsi. Lemak baik tidak akan membuat kolesterol anda meningkat, namun justru menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL). So, makanan apa saja yang mengandung banyak lemak baik dan harus lebih sering dikonsumsi? Berikut ini daftarnya.

Daftar makanan berlemak baik yang harus sering dikonsumsi :

  1. Minyak Kelapa. Secara umum, minyak kelapa sering dinilai buruk bagi kesehatan. Namun itu berlaku untuk minyak kelapa hasil olahan yang ditambahkan hidrogen dan mengandung lemak trans. Minyak kelapa murni justru bagus untuk meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. (Baca juga : Inilah makanan yang membuat anda jadi cepat tua)
jual minyak kelapa vco adalah
minyak kelapa murni. Dok : www.popxo.com
  1. Salmon. Jenis ikan laut yang berasal dari famili Salmonidae ini mengandung asam lemak omega 3 dan protein yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaatnya yaitu untuk meningkatkan daya ingat, mengatasi stres dan mencegah penyakit alzheimer. Konsumsilah salmon 1-2 kali dalam seminggu untuk memperoleh manfaat tersebut.

  2. Alpukat. Seperti halnya paprika, alpukat juga mengandung betakaroten yang sangat bagus untuk kesehatan mata kita. Selain itu alpukat juga mengandung antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal, Lemak jenis ini tak hanya mencegah penyakit jantung tetapi juga meningkatkan fungsi ingatan. Dalam secangkir alpukat mengandung 23 gram lemak baik. Jumlah konsumsi yang disarankan adalah 65 gram.

  3. Minyak Zaitun. Kaum hawa pasti tak asing lagi dengan minyak zaitun, karena manfaatnya yang bagus untuk kecantikan. Selain baik untuk merawat kecantikan, minyak zaitun juga mengandung lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kandungan lemak baiknya, minyak zaitun dapat menurunkan tingkat kolesterol dan resiko penyakit jantung.

  4. Walnut. Makanan sejenis kacang kenari ini adalah camilan sehat nan lezat dan terkenal di dunia. Walnut mengandung banyak zat penting yang dibutuhkan tubuh, diantaranya : protein, serat, vitamin E, magnesium, zat seng, potasium, riboflavin, fosfor dan selenium. Selain sebagai sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk melawan kolesterol buruk, walnut juga memiliki zat anti peradangan.
Itulah beberapa contoh makanan berlemak yang harus sering kita konsumsi karena kemampuannya yang bagus dalam melawan kolesterol. Semoga bermanfaat :)
Inilah Jenis Makanan Berlemak Yang Harus Sering Dikonsumsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top