Minggu, 20 Juli 2014

Ini Penyakit Yang Muncul Akibat Kurang Tidur Malam

Kebanyakan dari kita terutama anak muda pasti suka begadang di malam hari, terlebih yang suka nonton bola, kurang greget rasanya kalau nggak nonton bola secara langsung. Kurang tidur di malam hari ternyata memberi pengaruh yang sangat berbahaya bagi tubuh. Efeknya tidak main-main. Dampak yang paling berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Sulit tidur di malam hari memang tidak serta merta terjadi pada kaum muda saja. Banyak juga gangguan sulit tidur ditemui pada orang dewasa, penyakit ini lazim kita sebut insomnia. Ada juga orang dewasa terutama pria yang begadang di malam hari, bukan karena sulit tidur ataupun nonton bola, melainkan masih mengurusi pekerjaannya. Terlepas dari semua penyebab gangguan sulit tidur tersebut, saya akan dampak berbahaya akibat kurang tidur, sehingga kita lebih sadar pada pentingnya kesehatan.

Pusing adalah gejala umum akibat kurang tidur. Padahal Tuhan sudah memberikan keseimbangan hidup bagi kita dengan menciptakan siang dan malam, dimana siang hakikatnya adalah untuk bekerja, sedangkan malam untuk mengistirahatkan tubuh. Sebaiknya kita pergunakan dengan baik Nikmat Tuhan tersebut. Karena jika tidak, akan berakibat kurang baik bagi tubuh.

ilustrasi kurang tidur. Source : www.thecambodiaherald.com

Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur :

  1. Turunnya Konsentrasi. Ini jelas akan terjadi ketika kita merasa pusing yang merupakan gejala umum sebagai akibat kurang tidur. Bekerja di bidang apapun, konsentrasi, kewaspadaan dan ketelitian tetap dibutuhkan. Siklus tidur di malam hari berperan dalam menguatkan memori dalam pikiran. Jika kamu tidak cukup tidur, kamu tak akan bisa mengingat dengan baik apa yang sudah kamu pelajari seharian.

  2. Menyebabkan Tubuh Mudah Terserang Penyakit. Jika kurang tidur, tubuh akan sangat rentan terhadap penyakit, meskipun itu penyakit ringan seperti batuk dan flu. Biarpun kamu memunyai pola makan yang bagus, jika tidur malammu kurang, tubuh jadi tidak stabil.

  3. Meningkatkan Resiko Penyakit Kanker. Jika tidur malammu hanya 6 jam bahkan kurang, resiko terkena penyakit kanker akan meningkat. Ini disebabkan oleh berkurangnya produksi hormon melatonin yang mempengaruhi peningkatan kanker. Hormon ini diproduksi jika kita sedang tidur.

  4. Resiko Kegemukan dan Obesitas. Hal ini disebabkan karena hormon pengatur keinginan makan yang tidak terkontrol dengan baik. Jika kita tidur kurang dari 6 jam di malam hari, tubuh kita akan merasa lapar, kemudian naluri kita akan mencari makanan yang berkarbohidrat, berlemak, nah inilah yang bisa memicu obesitas.

  5. Menyebabkan Depresi. Jika kurang tidur, emosi kita akan meningkat, akibatnya kita jadi sering marah-marah dan akhirnya depresi. Menurut penelitian, penderita insomnia 5 kali lebih rentan mengalami depresi. Sebaliknya, pola tidur yang ideal (7-8 jam perhari) merupakan terapi alami menghilangkan depresi.

  6. Memicu Serangan Jantung. Hal ini berdasarkan penelitian dari Journey of Psychiartic Research, bahwa kurang tidur berkualitas akan meningkatkan peradangan bagi wanita. Hal tersebut juga bisa memicu timbulnya serangan jantung koroner. (Baca juga : Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Urat)

  7. Meningkatkan Resiko Kematian. Masih ingat kejadian yang menimpa Mita Diran beberapa waktu lalu? Akibat bekerja yang terus-terusan tanpa tidur selama 30 jam, beliau pun meninggal. Dalam sebuah penelitian di Inggris menemukan bagaimana pola tidur mempengaruhi angka kematian lebih dari 10.000 PNS di Inggris selama dua dekade. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada 2007, mereka yang telah tidur kurang dari 5-7 jam sehari mengalami kenaikan resiko kematian.
Dengan mengetahui berbagai dampak negatif yang timbul akibat kurang tidur di atas, apakah kita masih mau begadang.
Ini Penyakit Yang Muncul Akibat Kurang Tidur Malam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top