Berbagi Segala Info

Cara Alami Mengatasi Asam Urat

Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat dari dokter dalam mengatasi penyakit asam urat, ada baiknya terlebih dulu mencoba cara alami dengan tumbuh-tumbuhan yang banyak terdapat di sekitar kita. Dengan cara alami, diharapkan tidak akan menimbulkan efek samping bagi penderita asam urat. Jenis tanaman apa sajakah yang bisa dipakai untuk mengobati penyakit asam urat?

  1. Sambiloto
    Merupakan tumbuhan herbal yang tingginya bisa mencapai 90 cm. Asalnya dari India dan menyebar ke selatan sampai ke Siam dan ke timur sampai Semenanjung Malaya dan akhirnya ditemukan di Pulau Jawa. Sambiloto bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Nama lain sambiloto di berbagai daerah : Di Jawa Tengah ada yang menyebutnya ; sambiloto, bidara, andiloto, Di Sumatera Barat disebut ampadu tanah, Orang Sunda menyebutnya ki oray, Di Madura disebut pepaitan, Sedangkan di Cina disebut Chuan xin lien.

    kegunaan daun sambiloto penyembuh asam urat
    tumbuhan sambiloto (sumber gambar : id.wikipedia.org)
    Meramu Daun Sambiloto Sebagai Obat Asam Urat : Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, daun komfrey 5-10 gram, rimpang temulawak keting 10 gram, buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Ramuan diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

    Baca Juga : Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Urat

  2. Daun Salam
    Nama ilmiahnya adalah Syzygium polyanthum. Sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel. Daun salam digunakan sebagai bahan rempah pengharum masakan, baik pada sayur-sayuran, daging, ikan, maupun nasi. Tak hanya dikenal di Indonesia saja, penggunaan daun salam untuk sebagai bahan rempah pengharum masakan juga dikenal di beberapa negara di Asia Tenggara. Nama lain daun salam di berbagai daerah : Sunda, Jawa, dan Madura menyebutnya dengan salam, Di Sumatera disebut dengan maselengan.

    kegunaan daun salam sebagai obat asam urat
    daun salam (sumber gambar : id.wikipedia.org)
    Meramu Daun Salam Sebagai Obat Asam Urat : Rebus 10-15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian minum 2 kali sehar masing-masing 1/2 gelas.

Cara Alami Mengatasi Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani