Minggu, 11 Agustus 2013

Macam-macam Penyakit Yang Mengancam di Saat Lebaran

Di saat lebaran, tak jarang banyak yang melewatinya dengan kondisi kesehatan yang kurang baik. Hal ini terjadi karena banyak yang tak memperhatikan pola makan serta makanan yang mereka santap. Untuk itu kita harus pandai-pandai menahan diri dari godaan makanan lezat di hari lebaran. Terlebih bagi yang sudah punya penyakit, pengontrolan ketat terhadap asupan makanan merupakan hal yang sangat penting.
ilustrasi orang sakit. Source : www.lmackiewicz.blogspot.com
Asam urat merupakan penyakit yang sering dikeluhkan. Asam urat muncul karena kita terlalalu banyak makan jeroan, daging, santan dan gorengan. Selain menyebabkan asam urat, jenis makanan tersebut juga bisa memicu timbulnya kolesterol.

Bagi penderita diabetes, bila ingin minum sirup, lebih baik hanya segelas saja, kalau masih haus, mending banyakin minum air putih. Selain itu juga kurangi makan kue-kue kering. Karena sudah pasti kue kering akan menjadi camilan utama di hari lebaran.


Kelelahan dan alergi juga menjadi ancaman yang perlu diwaspadai. Banyaknya tempat dan saudara yang kita kunjungi membuat tubuh kita cepat lelah, meskipun rasa lelah itu kadang masih tersamar dengan canda tawa dan cengkrama hanngat bersama keluarga. Kita tak perlu memforsirnya hanya pada satu hari itu saja, karena silaturahmi bisa dilanjut lagi besok bila badan sudah lelah. Debu, cuaca dan air yang kurang baik akan memicu timbulnya alergi pada kulit. Terlebih bagi yang sudah punya riwayat penyakit kulit.

Penyakit lainnya adalah diare. Penyakit ini masih berhubungan dengan makanan yang kita makan. Diare timbul karena kita kebanyakan makan makanan bersantan dan berlemak. Imbangi juga dengan buah-buahan, karena kaya akan serat dan sangat bagus untuk tubuh kita.
Macam-macam Penyakit Yang Mengancam di Saat Lebaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top